Kompas TV regional berita daerah

Donasi Rp 1,3 M Tak Sesuai Harapan, Masjid Terlanjur Dirobohkan

Kamis, 7 April 2022 | 10:25 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SRAGEN, KOMPAS.TV - Bangunan Masjid Al Fatah di Dukuh Kowan, Desa Ngargotirto, Kecamatan Sumber Laang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, ini rata dengan tanah pada 19 Februari 2022. Masjid di robohkan setelah ada donatur dari Jakarta yang menjanjikan donasi sekitar Rp 1,3 miliar untuk pembangunan total. Namun, setelah dirobohkan ternyata bantuan yang dijanjikan tidak terealisasi, dan hanya mendapat bantuan Rp 10 juta saja. Ketua panitia pembangunan masjid menjelaskan, awalnya warga hanya ingin merenovasi masjid, karena ada kerusaka.

"Memang sudah ada rencana untuk renovasi, seiring berjalannya waktu ternyata ada dermawan yang beliaunya itu siap membantu pembangunan masjid. Yang tadinya renovasi diubah total dan dibangun ulang gitu," ujar Agus Pudiyono, ketua panitia pembangunan masjid.

"Setelah pembongkaran memang ada dana yang masuk dari beliaunya. Setelah itu memang agak jauh, mungkin karena situasi juga, mungkin usahanya beliau baru ada oleng. Kenyataannya betul, beberapa hari yang lalu beliau telpon saya sendiri. Intinya beliau minta maaf dengan keadaan seperti ini. Bukan beliau bermaksud lepas tanggung jawab, tapi lebih dikarenakan keadaan kesulitan keuangan," ujarnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menyayangkan Masjid Al Fatah di Desa Ngargotirto, Kabupaten Sragen, dirobohkan warga karena iming-iming pembangunan ulang. Ganjar meminta warga berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan sumbangan yang belum jelas.

"Yang kita harapkan masyarakat hati-hati ya. Kalo ada orang mau kasih sumbangan, belum jelas ya jangan mudah terlalu percaya. Saya membaca beritanya itu ya sedih saya, masak belum jelas sumbernya kemudian masjidnya sudah dirobohkan," kata Ganjar.

Pihaknya mengaku akan menurunkan jajarannya untuk melakukan pengecekan masjid tersebut.  

#sragen #masjidalfatah #desangargotirto

  


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Kompak, 6 Terdakwa OOJ Sebut Ditipu Ferdy Sambo

Sabtu, 4 Februari 2023 | 14:55 WIB
Close Ads x