Kompas TV nasional sosial

Siap-siap, Ada Mudik Gratis untuk 10.500 Orang dari Kemenhub

Kompas.tv - 6 April 2022, 18:04 WIB
siap-siap-ada-mudik-gratis-untuk-10-500-orang-dari-kemenhub
Ilustrasi - Kemenhub menyiapkan kegiatan mudik gratis untuk sekitar 10.500 orang. (Sumber: Antaranews)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Mudik gratis bakal disediakan untuk sekitar 10.500 orang oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat.

"Rencana jumlah pemudik kurang lebih 10.500 orang yang dapat mengikuti program mudik gratis," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Rabu (6/4/2022), seperti dikutip dari Antara.

Saat ini, Ditjen Perhubungan Darat tengah menyiapkan sebanyak 350 armada bus untuk penumpang, dan sebanyak 34 truk untuk angkutan motor.

Mengenai mekanisme pendaftaran mudik gratis yang akan digelar pada akhir bulan April itu, nantinya dapat dilakukan secara daring (online) melalui website. Registrasi peserta akan dibagi di 5 lokasi yaitu Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi dan Depok.

Baca Juga: Menhub Prediksi 79 Juta Penduduk Indonesia Mudik saat Idulfitri, 13 Juta dari Jabodetabek

Terkait kegiatan mudik gratis tahun 2022 ini, Kemenhub menyiapkan anggaran sebesar Rp10 miliar.

Adapun syarat perjalanan bagi calon pemudik, berlaku aturan vaksinasi ke 1, ke 2 atau booster yang mengacu kepada Surat Edaran (SE) No 41 Tahun 2022 tentang Pedoman Mudik Gratis TA 2022.

Budi Setiyadi mengatakan, dalam SE tersebut nantinya mengatur tentang ketentuan prokes selama perjalanan. Misalnya, tidak diperkenankan mengobrol selama perjalanan, plus adanya sejumlah imbauan terkait prokes.

"Juga memerintahkan Direktorat terkait untuk melakukan pengawasan pelaksanaannya dengan menempatkan petugas pemantau atau pengawas," tandasnya.

Baca Juga: Kemenhub Prediksi Puncak Arus Mudik 28-30 April 2022, Terbanyak Menuju Jawa Tengah

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x