Kompas TV cerita ramadan amalan

Berdasarkan Hadis Nabi, Tiga Hal ini Baiknya Dijauhi saat Puasa Ramadan

Kompas.tv - 6 April 2022, 05:31 WIB
berdasarkan-hadis-nabi-tiga-hal-ini-baiknya-dijauhi-saat-puasa-ramadan
Inllah tiga perkara yang baiknya dihindari ketika puasa Ramadan, berdasarkan hadis Nabi Muhammad (Sumber: Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tiga aktivitas ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad baiknya dihindari oleh muslim ketika berpuasa Ramadan.

Tiga hal ini pada dasarnya tidak membatalkan puasa, tapi Nabi Muhammad menganjurkan untuk tidak melakukannya ketika seseorang itu berpuasa di bulan suci umat Ini.

Lantas apa sajakah tiga aktivitas tersebut?

Dikutip dari buku Panduan Ibadah Ramadan (2020) yang dikeluarkan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, tiga hal ini baiknya dihindari oleh seorang muslim.

Baca Juga: Merokok Batalkan Puasa? Simak Aturannya Menurut Ulama

Tiga Hal yang Baiknya Dijauhi saat Puasa Menurut Hadis Nabi 

Pertama, berkata atau melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan ajaran Islam

Dalam panduan itu juga disebutkan hal-hal yang baiknya dihindari ini lebih detil seperti: berbohong, memfitnah, menipu, berkata kotor mencaci maki, membuat gaduh, mengganggu orang lain, berkelahi, dan segala perbuatan yang tercela menurut ajaran Islam.

Hal ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Abu Hurairah adalah sahabat dekat Nabi, nama aslinya adalah Abdurrahman bin Syakr.

Abu Hurairah sendiri adalah nama yang diberikan oleh Nabi melihat kegemarannya memelihara kucing. Abu berarti ayahanda, sedangkan Hurairah bermakna kucing. Abu Hurairah adalah ayahanda dari kucing-kucing.

Abu Hurairah meriwayatkan tentang hal-hal yang baiknya dihindari oleh muslim ketika ia berpuasa dan itu berasal dari sabda Nabi Muhammad yang ia dengar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x