Kompas TV regional berita daerah

Di Pasar Jember Harga Daging Ayam dan Telur Ras Naik Awal Ramadan Ini

Kompas.tv - 4 April 2022, 14:29 WIB
di-pasar-jember-harga-daging-ayam-dan-telur-ras-naik-awal-ramadan-ini
Ilustrasi - Harga daging ayam dan telur ayam ras di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur merangkak naik. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JEMBER, KOMPAS.TV – Memasuki awal Ramadan 1443 Hijriah ini, harga daging ayam dan telur ayam ras di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur merangkak naik.  

"Secara keseluruhan harga sembako masih stabil seperti beras, gula pasir, minyak goreng, daging sapi. Namun, daging dan telur ayam ras memang mengalami kenaikan," kata Kasi Pengembangan Usaha dan Promosi Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember Eko Wahyu Septantono, Senin (4/4/2022), dikutip dari Antara.

Diketahui, harga daging ayam di beberapa pasar tradisional mengalami kenaikan mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 4.000 per kilogram.  Di Pasar Tanjung contohnya, harga daging ayam naik dari Rp 34.000 menjadi Rp 38.000 per kilogram.

Lalu, di Pasar Kreyongan dari Rp 35.000 menjadi Rp 37.000 per kilogram. Sementara, untuk harga telur ayam ras berkisar Rp 23.000 hingga Rp 24.000 per kilogram.

Eko mengatakan, kenaikan harga daging ayam itu, seiring dengan permintaan masyarakat yang tinggi karena ada tradisi tasyakuran menjelang datangnya bulan Ramadan dan begitu juga dengan telur ayam ras.

Baca Juga: Harga Daging & Telur Ayam Di Jembrana Melonjak

"Harga telur ayam ras memang mengalami kenaikan karena adanya permintaan yang meningkat seiring banyaknya warga yang membuat kue kering untuk persiapan Lebaran," ujarnya.

Untuk itu, petugas selalu melakukan pemantauan harga di tiga pasar tradisional yang menjadi lokasi survei harga seperti di Pasar Tanjung, Pasar Kreyongan, dan Pasar Kebonsari guna mengetahui harga dan pasokan komoditas pangan tersebut.

Di samping itu, untuk harga beras disebutkan Eko memang cenderung stabil. Mengingat, Kabupaten Jember menjadi salah satu lumbung beras di Jawa Timur dan produksinya selalu surplus.

Menurutnya, pasokan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional masih aman dan kalaupun terjadi kenaikan sejumlah komoditas pangan pada awal Ramadan masih dalam batas kewajaran.

Berdasarkan data pantauan harga di Pasar Tanjung Jember pada Senin (4/4) ini tercatat, harga beras dari kualitas medium hingga premium berkisar Rp 10.000 hingga Rp 12.500 per kilogram, gula pasir Rp 13.500 per kilogram, minyak goreng kemasan 1 liter Rp 23.000 hingga Rp24.000, telur ayam ras Rp 24.000 per kilogram, dan daging ayam Rp 38.000 per kilogram.

Kemudian bawang merah Rp30.000 per kilogram, bawang putih Rp23.000 per kilogram, cabai rawit turun dari Rp36.000 menjadi Rp34.000 per kilogram dan harga sayur mayur juga masih stabil.




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x