Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Stok Pertalite Dikabarkan Langka di Sejumlah SPBU, Erick Thohir: Tidak Perlu Ribut-ribut

Minggu, 3 April 2022 | 06:20 WIB
stok-pertalite-dikabarkan-langka-di-sejumlah-spbu-erick-thohir-tidak-perlu-ribut-ribut
Menteri BUMN Erick Thohir. Erick meminta masyarakat untuk tidak perlu ribut-ribut menyusul kabarnya kelangkaan stok pertalite di sejumlah SPBU. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta masyarakat tidak perlu ribut-ribut terkait stok Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite yang dinilai langka di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU).

Erick memastikan stok BBM Pertalite sudah mencukupi, ditengah adanya kenaikan harga Pertamax yang membuat sejumlah masyarakat kemudian migrasi ke BBM RON 90 itu.

"Pemerintah sudah bilang sumbernya cukup. Tidak perlu ribut-ribut," kata Erick Thohir seperti dikutip dalam program Kompas Pagi di Kompas TV, Minggu (3/4/2022).

Erick juga menyebut, Pertalite masuk dalam kategori BBM hijau. Kehadirannya, kata Erick memang ditujukan pemerintah untuk lebih meminimalisir penggunaan Premium sehingga bisa mengurangi polusi udara.

"Dan pemerintah hadir bagaimana Premium diganti ke Pertalite. Bagus Premium apa Pertalite? Pertalite. Apalagi Pertalite itu masuk kategori BBM Hijau sehingga yang namanya kerusakan udara polusi bisa dikurangi," imbuhnya.

Baca Juga: Warga Keluhkan Kelangkaan Pertalite, Pertamina: Kami Pastikan Stok Cukup

Senada dengan Erick, Direktur Keuangan Pertamina Persero Emma Sri Martini juga mengatakan bahwa stok Pertalite nasional aman saat Ramadan hingga Idulfitri nanti.

"Bicara stok, ketahanan, dan kesiapan dari kami (Pertamina) sudah memastikan kalau stok tidak ada masalah. Kita yakinkan konsumen bahwa kita bisa menjaga ketersediaan supply apalagi menjelang Ramadan dan persiapan Idulfitri itu dipastikan aman tidak ada masalah," kata Emma Sri Martina saat melakukan pemantauan di sejumlah SPBU di Kota Makassar, Sabtu (2/4) kemarin.

Tanya itu, Emma menyatakan Pertamina juga menjamin pihaknya telah mengontrol dengan baik terutama terkait ketersedian stok hingga distribusi ke seluruh SPBU.

Sementara itu diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, sejumlah warga mengaku kesulitan mendapatkan pertalite setelah mencoba mencarinya di sejumlah SPBU.

Salah satunya seperti yang dikeluhkan salah satu warga di SPBU Jalan Jombang Raya Pondok Aren, Tangerang Selatan, salah satunya.

Bahkan, karena kehabisan pertalite, banyak warga yang memutuskan untuk membeli pertamax meskipun harus mengeluarkan uang lebih banyak.

“Mau ngisi Pertalite karena lagi habis saja saya beralih ke pertamax,” ujar Andi salah seorang warga yang ditemui kontributor Kompas TV.

Dia mengatakan, sudah berupaya mencari pertalite di sejumlah SPBU, tapi karena kehabisan dia akhirnya membeli pertamax.

Baca Juga: Kata Pertamina Soal Stok Pertalite Nasional: Aman Selama Ramadan hingga Idulfitri


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x