Kompas TV regional agama

Aturan Tarawih dan Buka Bersama Dilonggarkan, Ini Persiapan Masjid Istiqlal Sambut Ramadan

Kompas.tv - 1 April 2022, 16:15 WIB
aturan-tarawih-dan-buka-bersama-dilonggarkan-ini-persiapan-masjid-istiqlal-sambut-ramadan
Penampakan ruang utama Masjid Istiqlal setelah direnovasi dan ditambahkan sistem pencahayaan baru. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masjid Istiqlal melonggarkan aturan beribadah mulai dari salat tarawih hingga buka puasa bersama selama Ramadan 1443 H.

Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak dalam rangka persiapan untuk mengupayakan pelayanan terbaik di Masjid Istiqlal.

“Adapun persiapan yang dimaksudkan di antaranya menyediakan masker cadangan sebagai wujud mendukung pendisiplinan jamaah dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19,” 
kata Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Kompas TV, Jumat (1/4/2022).

Ia mengatakan Masjid Istiqlal mengikuti aturan pemerintah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti kewajiban memakai masker.

“Panitia juga akan menyediakan masker cadangan," ucapnya.

Baca juga:

Tak hanya itu, karpet lantai utama Masjid Istiqlal yang sudah kembali digelar juga diusahakan senantiasa dijaga kebersihannya.

"Lantai utama Masjid Istiqlal harus steril, jadi disemprot (dengan disinfektan) secara berkala sebelum dan sesudah (ibadah berlangsung) agar bersih dari virus," paparnya.

Selain itu, KH Nasaruddin Umar pun memastikan ibadah di Masjid Istiqlal berjalan lancar dengan memperhatikan kapasitas saf.

"Kami berupaya menghindari penumpukan, oleh karenanya pintu masuk, lokasi parkir, tempat penitipan sandal dan sebagainya diperhatikan, agar kerumunannya berkurang," tutupnya.

Baca juga: NU Tetapkan Tinggi Hilal untuk Tentukan Awal Ramadan 1443 H Minimal 3 Derajat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x