Kompas TV nasional politik

Kemampuan Diplomasi Prabowo Jadi Nilai Lebih Hadapi Pilpres, Pengamat: Tinggal Tentukan Pasangannya

Kompas.tv - 1 April 2022, 09:15 WIB
kemampuan-diplomasi-prabowo-jadi-nilai-lebih-hadapi-pilpres-pengamat-tinggal-tentukan-pasangannya
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Selasa (15/3/2022). (Sumber: Instagram Prabowo Subianto)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kemampuan diplomasi yang dimiliki Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bisa menjadi nilai lebih dalam menghadapi Pemilu Presiden atau Pilpres 2024 mendatang.

Demikian hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah. Menurutnya, kemampuan diplomasi itu dapat mempengaruhi pilihan publik.

Baca Juga: Hasil Survei, Prabowo Bisa Menang Pilpres 2024 Jika Gandeng Sosok Ini

"Kemampuan diplomasi dapat mempengaruhi pilihan publik dalam kontestasi pilpres," kata Dedi melalui keterangan resminya yang dikutip di Jakarta pada Jumat (1/3/2022).

Dedi menuturkan sejak menjabat Menhan di Kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi jilid kedua, Prabowo kerap berdiplomasi dengan berbagai pemimpin dunia.

Salah satu yang paling anyar ialah ketika Prabowo bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Paris dan Pangeran Khalid bin Salman di Arab Saudi.

Baca Juga: Bertemu Komandan Armada Militer AS, Prabowo Bahas Modernisasi Pertahanan hingga Perang Rusia-Ukraina

Kepiawaian Prabowo dalam berdiplomasi juga tampak dalam perannya saat pemerintah memulangkan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Ukraina.

Prabowo diketahui menelepon langsung Menteri Pertahanan Rusia untuk menjamin keamanan WNI yang akan dievakuasi.

Selain kemampuan berdiplomasi, anak dari ekonom Soemitro Djojohadikoesoemo tersebut juga dianggap memiliki segudang kelebihan dibandingkan figur lainnya.

Baca Juga: Prabowo Subianto Bertemu Putra Mahkota Abu Dhabi Mohamed Bin Zayed

"Prabowo memungkinkan sangat menarik bagi calon mitra koalisi dan tinggal menentukan pasangan yang juga cukup kuat. Itu modal besar bagi Prabowo," ujarnya dikutip dari Antara.

Modal lain yang dimiliki Prabowo adalah popularitas tinggi. Dari berbagai survei, ia selalu memperoleh hasil positif atau dengan kinerja menteri paling baik.

"Yang perlu dilakukan Prabowo Subianto saat ini ialah merealisasikan tugasnya sebagai Menhan," kata Dedi.

Baca Juga: Keren! Inilah Cendera Mata yang Diberikan Prabowo untuk Pangeran MBZ

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x