Kompas TV regional berita daerah

Tandon Musim Kemarau, Warga Dapat Bantuan Air Bersih

Kompas.tv - 30 Maret 2022, 10:54 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - BPBD Kota Semarang bekerjasama dengan salah satu perusahaan garmen untuk menyalurkan bantuan air bersih bagi warga Kelurahan Rowosari dan Keluarahan Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang Jawa Tengah, untuk kebutuhan menghadapi musim kemarau.

Sebanyak 2 tangki air bersih dengan kapasistas 8.000 liter pertangki, disalurkan langsung ke tempat penampungan air umum di permukiman warga di Keluarahan Rowosari. Tandon penampungan air bersih ini, dapat menampung hingga 5000 liter air. Warga pun tidak ingin melewatkan kesempatan mendapatkan bantuan air bersih, karena saat musim kemarau warga kesulitan mendapatkan air bersih.

Bahkan saat musim hujan, untuk bisa mendapatkan air bersih warga harus menampung air hujan dengan meletakkan jerigen air di halaman rumah dan membuat talang air sederhana, agar air hujan bisa tertampung ke dalam tandon untuk kebutuhan stok air di musim kemarau. Sementara kebutuhan air bersih untuk konsumsi memasak dan minum, warga terpaksa membeli air bersih dari depo air.

"Bantuan airnya kan kadang datang, kadang tidak ya, jadi agak sulit. Kadang harus nunggu hujan, agar airnya bisa dimasukkan ke tandon untuk kebutuhan stok air. Kalau musim kemarau carinya di sumur-sumur tetangga," ujar Yana Eka, warga Rowosari.

Di Keluarahan Rowosari, setidaknya terdapat 250 kepala keluarga yang membutuhkan bantuan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Rencananya BPBD Kota Semarang akan menyalurkan bantuan air bersih tiga hari sekali, agar kebutuhan air bersih bagi warga di musim kemarau terpenuhi.

"Kalau di Rowosari setiap tiga hari sekali butuh air bersih untuk persiapan musim kemarau. Kalau di kelurahan-kelurahan yang lain mungkin sama, membutuhkan air bersih tiga hari sekali," kata Bambang Haryanto, Kabid Kedaulatan Dan Logistik BPBD Kota Semarang.

Diharapkan, bantuan penyaluran air bersih ini bisa dilakukan secara berkelanjutan karena wilayah Kelurahan Rowosari tidak dimungkinkan untuk dibuat sumur artetis dalam jumlah besar. Sedangkan air dari PDAM tidak selalu lancar.

#airbersih #rowosari #bpbdkotasemarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x