Kompas TV bisnis kebijakan

Gantikan Premium Jadi BBM Penugasan, Segini Harga Pertalite

Kompas.tv - 30 Maret 2022, 09:41 WIB
gantikan-premium-jadi-bbm-penugasan-segini-harga-pertalite
Pemerintah menerapkan Pertalite sebagai BBM Penugasan menggantikan Premium. (Sumber: Antara )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memproyeksikan konsumsi BBM jenis Pertalite akan melebihi kuota tahun ini. Sebab, hingga Februari 2022 realisasi penyaluran Pertalite sudah sebesar 4,258 juta kiloliter.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji  mengatakan, jumlah itu melebihi kuota 18,5 persen terhadap kuota year to date Februari 2022.

Sementara hingga akhir tahun ini, realisasi penyaluran Pertalite akan lebih dari 15 persen dari kuota awal yang ditetapkan pemerintah, sebesar 23 juta kiloliter.

"Jika diestimasikan melalui normal skenario, maka di akhir 2022 akan terjadi over kuota sebesar 15 persen dari kuota normal menjadi 26,5 juta KL," kata Tutuka dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: Pertalite Resmi Gantikan Premium Jadi BBM Penugasan

Apalagi dengan ditetapkannya Pertalite sebagai BBM Penugasan menggantikan Premium, stoknya akan lebih mudah ditemui masyarakat di seluruh Indonesia, sehingga tingkat konsumsinya akan meningkat.

Namun, sebagai BBM Penugasan kecil kemungkinan harga Pertalite akan dinaikkan. Sampai saat ini pemerintah menjaga harganya di level Rp7.650 per liter. Angka itu sudah termasuk pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak atas penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB).

Sementara itu, pasokan Pertalite yang tersedia saat ini sebanyak 1,157 juta kiloliter. Cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama dua pekan ke depan atau tepatnya  15,7 hari.

Baca Juga: 7 Negara Kaya Tolak Bayar Gas Rusia Pakai Rubel, Cari Gantinya dengan Gas AS

Harga minyak mentah dunia terus berada dalam tren peningkatan, seiring konflik Rusia-Ukraina. Harga minyak berkali-kali mencetak rekor baru, terutama setelah Uni Eropa dan Amerika Serikat berencana mengembargo minyak Rusia.

Pada Maret 2022, realisasi Mean of Platts Singapore (MOPS) Pertalite rata-rata 128,19 dolar AS per barel atau naik 63 persen dari rata-rata tahun 2021 sebesar 78,48 dolar AS per barel.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x