Kompas TV nasional politik

Momen Seorang Kepala Desa dari Aceh Serukan Jokowi 3 Periode ke Luhut Binsar Pandjaitan

Kompas.tv - 29 Maret 2022, 17:18 WIB
momen-seorang-kepala-desa-dari-aceh-serukan-jokowi-3-periode-ke-luhut-binsar-pandjaitan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan pidato di acara Silatnas Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia atau APDESI di Istora Senayan, Selasa (29/3/2022). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Kepala Desa dari Aceh Tenggara bernama Muslim menyerukan agar masa jabatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ditambah sehingga menjadi tiga periode. 

Hal itu disampaikan Muslim kepada Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi atau Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara Silatnas Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia atau APDESI di Istora Senayan, Selasa (29/3/2022).

Awalnya, Muslim bercerita kalau di tempatnya itu mengalami perubahan sejak Presiden Jokowi menjadi Kepala Negara pada 2014 lalu.

Salah satunya, yaitu petani mendapatkan kemudahan untuk bercocok tanam di Taman Nasional Gunung Leuser. 

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Mendagri agar Pemerintah Desa Gajian Setiap Bulan: Masa Tiga Bulan Sekali

"Setelah Bapak Jokowi jadi presiden sekarang sudah ada kemudahan bagi petani di sana (Taman Nasional Gunung Leuser) kelompok tani hutan konservasi. Permintaan kami tolong mudahkan kembali ke Aceh Tenggara," kata Muslim saat berpidato di depan Luhut. 

Namun, ia mengeluhkan ihwal kantor Taman Nasional Gunung Leuser kini berada di Medan, Sumatera Utara. Dirinya meminta agar kantor tersebut kembali dipindahkan ke Aceh Tenggara.

Selain itu, pejabat di Taman Nasional Gunung Leuser tidak bekerja maksimal.

"Tolong didefinitifkan karena di Aceh Tenggara itu sebelah timurnya hutan lindung dan baratnya Taman Nasional Gunung Leuser. Cuma 13 persen lahan itu."

"Jadi tolong ini sebagai permintaan kami kepada bapak, saya yakin bapak bisa mengabulkan dan Pak Presiden bisa mengabulkannya. Jokowi 3 periode," seru Muslim saat menutup pidatonya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku tidak tahu jika pemerintah desa menerima gaji tiap tiga bulan sekali.

Baca Juga: Pesan Jokowi ke APDESI soal Dana Desa Rp468 T: Jangan Pikir Ini Uang Kecil, Hati-hati Mengelola

Atas kondisi tersebut, Jokowi pun meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk menyelesaikan persoalan gaji pemerintah desa secepatnya.

"Oh gajinya sebulan sekali? Pak Mendagri ini ada yang belum dijawab, setiap bulan,” perintah Presiden Jokowi kepada Mendagri Tito Karnavian saat menyampaikan sambutan dalam Silaturahmi Nasional APDESI, Selasa (29/3).

“Saya terus terang enggak tahu, masa gaji diberikan tiga bulan sekali, saya enggak ngerti, akan segera kita rubah dan usahakan setiap bulan,” tambah Jokowi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x