Kompas TV nasional sosial

Tak Lolos SNMPTN Jangan Menyerah, Ini Cara Daftar UTBK SBMPTN 2022

Kompas.tv - 29 Maret 2022, 17:00 WIB
tak-lolos-snmptn-jangan-menyerah-ini-cara-daftar-utbk-sbmptn-2022
Langkah awal yang harus dilakukan oleh calon peserta SNMPTN 2022 maupun SBMPTN 2022 adalah membuat akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). (Sumber: Tangkapan layar YouTube)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 sudah diumumkan, Selasa (29/3/2022) pukul 15.00 WIB.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mochamad Ashari mengungkapkan sebanyak 120.643 siswa dinyatakan lolos dalam SNMPTN 2022.

"Rata-rata keketatan 1 banding lima, jadi 1 siswa harus menyisihkan lima temannya, sehingga jangan sia-siakan pengorbanan teman-teman yang lain," tutur Ashari dikutip dari Kompas.com, Selasa.

Baca Juga: Link Mirror Pengumuman SNMPTN 2022 di 32 Universitas dan Cara Ceknya

Ashari melanjutkan bagi para siswa yang tak lolos SNMPTN 2022 untuk tak berkecil hati karena masih bisa mengikuti UTBK SBMPTN 2022 atau melalui jalur mandiri yang disediakan perguruan tinggi.

"Meski yang tidak diterima SNMPTN 2022 sebanyak 80 persen, jangan berkecil hati. Tetap jaga semangat, masih banyak tempat meraih cita-cita. Dunia tidak kiamat jika tidak diterima di SNMPTN 2022," jelasnya.

Cara mendaftar UTBK SBMPTN 2022

Bagi Anda yang ingin mendaftar perguruan tinggi bisa mencoba menggunakan jalur UTBK SBMPTN 2022. Ini cara mendaftarnya.

Calon pendaftar UTBK-SBMPTN 2022 diwajibkan untuk membuat akun LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Setelah memiliki akun calon pendaftar cukup memilih pendaftaran UTBK-SBMPTN. Dalam tahap ini Anda diperlukan melengkapi sejumlah data seperti:

  • Biodata
  • Memilih Program Studi
  • Mengunggah Portofolio
  • Memilih Pusat UTBK PTN
  • Mendapatkan Slip Pembayaran

Setelah mendapatkan slip pembayaran, pendaftar perlu melakukan pembayaran di bank Mitra seperti Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI paling lambat 2x24 jam.

Setelah melakukan pembayaran, pendaftar bisa masuk ke laman https://portal.ltmpt.ac.id dan memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN untuk mencetak Kartu Peserta UTBK.

Itu adalah cara mendaftar UTBK SBMPTN 2022. Semoga berhasil dan lolos perguruan tinggi yang Anda inginkan.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x