Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Pemprov DKI Jamin Stok dan Harga Pangan Tetap Aman di Bulan Ramadan

Kompas.tv - 29 Maret 2022, 16:03 WIB
pemprov-dki-jamin-stok-dan-harga-pangan-tetap-aman-di-bulan-ramadan
Pasar Tradisional (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemprov DKI Jakarta terus memantau ketersediaan stok dan pasokan serta harga kebutuhan pangan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 2022 dapat terjaga.

Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati menjelaskan data Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) DKI, mengungkapan komoditas pangan strategis dalam jumlah yang cukup dan aman untuk bulan Ramadan dan Idul Fitri.

Komoditas pangan strategis yang dimaksud yakni beras, daging sapi/kerbau, daging ayam, telur ayam, cabe keriting, rawit merah, dan bawang putih.

Baca Juga: Harga Kebutuhan Bahan Pangan Naik Sepekan Jelang Ramadan

Sri menyatakan Pemprov DKI juga terus memantau perkembangan harga dan kecukupan pasokan untuk menjaga kestabilan harga pangan di Ibukota di tengah pandemi Covid-19. 

Tiga BUMD pangan DKI akan terus memperluas dan meningkatkan kerja sama antar daerah dalam menjamin ketersediaan komoditas pangan strategis di Jakarta. 

"Pemprov DKI bersinergi dan berkolaborasi bersama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah lain, serta Tim Pengendali Inflasi Daerah DKI dalam melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketersediaan stok pangan. Sehingga upaya-upaya yang dilakukan ini, inflasi Jakarta tetap terkendali dan berada dalam kisaran sasaran inflasi nasional," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (29/3/2022).

Sri Wakil Ketua I TPID Provinsi DKI Jakarta menambahkan dalam menjamin ketersediaan stok dan pangan serta kestabilan harga tim TPID bakal melakukan monitoring, pengawasan gudang, melaksanakan pasar murah, melaksanakan bazar Jakpreneur hingga memantau ketersediaan tabung LPG 3 Kg.

Baca Juga: Catat! Ini Jam Kerja ASN Sepanjang Bulan Puasa 2022 atau Bulan Ramadan 1443 H

Pemprov DKI juga telah menyediakan sarana bagi masyarakat untuk memantau perkembangan harga pangan melalui infopangan.jakarta.go.id.

Secara transparan, masyarakat bisa melihat perkembangan harga untuk komoditas pangan strategis di berbagai pasar yang dikelola Perumda Pasar Jaya.

"Pemprov DKI juga mengimbau agar masyarakat tetap optimis dan tidak panik untuk menjaga keseimbangan pasokan dan stok pangan di pasar," ujar Sri.

Baca Juga: Anies Pastikan Pihaknya Terus Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x