Kompas TV regional berita daerah

Warga Kompak Olah Lahan Tidur, Jadi Kebun Sayur dan Herbal

Kompas.tv - 28 Maret 2022, 16:00 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Bersama dengan Komunitas Ayo Menanam Indonesia (KAMI) Lampung, para ibu rumah tangga di kawasan Jalan Danau Toba, Kelurahan Surabaya, Kedaton, Bandar Lampung mengelola lahan tidur menjadi kebun hijau.

Para ibu rumah tangga yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) secara bersama-sama dibimbing dalam edukasi bercocok tanam, serta pemanfaatan lahan di tengah kota.

Baca Juga: Bersama Emak.ID, Ibu Rumah Tangga Tukar Sampah Jadi Rupiah

Ketua Komunitas Ayo Menanam Indonesia (KAMI) Lampung M. Sholeh menyebut lahan pekarangan seluas 800 m persergi yang kini digunakan sebagai kebun KAMi ini sebelumnya merupakan lahan tidur.

Lalu, disulap menjadi lahan produktif dengan berbagai tanaman, seperti sayur mayur, buah-buahan hingga tanaman obat, bahkan lokasi belajar bagi anak.

Tak hanya itu, hasil panen tanaman sayur, buah, dan herbal yang sudah di panen juga biasa dipasarkan melalui akun media sosial yang hasilnya akan digunakan sebagai biaya operasional kebun.

“Kami sih penginnya, Kebun Kami ini dapat menjadi pusat edukasi dan pemberdayaan masyarakat terkait pengelolaan tanaman” ujarnya.

Baca Juga: Gramedia Gandeng Penulis Kembangkan Literasi Bagi Santri

Meski baru berdiri sekitar satu tahun lalu. Namun, Kebun KAMI ini mendapat antusias dari masyarakat dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya untuk lebih produktif memanfaatkan lahan kosong di tengah kota.

#kebunkami #ruanghijautengahkota #kwtbandarlampung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x