Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Maia Estianty Dilarikan ke RS karena Gerd, Begini Pertolongan Pertama dan Cara Mencegahnya

Kompas.tv - 28 Maret 2022, 12:38 WIB
maia-estianty-dilarikan-ke-rs-karena-gerd-begini-pertolongan-pertama-dan-cara-mencegahnya
Ilustrasi Gerd. Begini pertolongan pertama pada gerd. (Sumber: Shutterstock/PopTika)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabar tak mengenakkan datang dari Maia Estianty yang dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami gerd.

Hal ini dibagikan Maia lewat akun Instagramnya yang diantar oleh Dul ke instalasi gawat darurat (IGD) pada tengah malam.

Mamaknya tumbang, dianter ke IGD ama anak bontot tengah malem… So sweet….. @duljaelani … Love you… Pertama kali kena GERD… ampun deh.. sakitnya…,” tulis Maia.

Baca Juga: Maia Estianty Dilarikan ke IGD Gegara GERD, Apa Gejala dan Penyebab Penyakit Ini?

Berkaca dari pengalaman Maia Estianty ini, bagaimana pertolongan pertama pada gerd?

Gerd sendiri merupakan suatu kondisi naiknya refluks asam ke kerongkongan. Dalam beberapa kasus, kondisi ini membuat penderitanya mengalami rasa terbakar di bagian dada hingga leher.

Selain itu, gerd juga menimbulkan gejala, seperti mual, mulas, hingga susah bernapas. Apabila kondisi ini tidak segera ditangani, maka akan berbahaya.

Pertolongan pertama pada gerd

Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan saat mengalami gerd atau melihat kerabat dekat mengalami gerd. Berikut pertolongan pertama gerd, dirangkum dari Healthline, Senin (28/3/2022).

1. Kendurkan baju

Salah satu gejala gerd adalah mulas. Dalam beberapa kasus, penderita mungkin mengalami episode gerd karena pakaian ketat yang menekan perut.

Jika demikian, pastikan untuk membuka resleting atau mengendurkan ikat pinggang yang menahan perut sehingga lebih nyaman.

2. Tinggikan tubuh bagian atas



Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x