Kompas TV cerita ramadan kesehatan

Kenapa Penderita Asam Lambung Tak Boleh Tidur Setelah Sahur? Berikut Alasan dan Solusinya

Kompas.tv - 27 Maret 2022, 14:18 WIB
kenapa-penderita-asam-lambung-tak-boleh-tidur-setelah-sahur-berikut-alasan-dan-solusinya

Ilustrasi. Rasa kantuk setelah sahur merupakan rintangan berat bagi kebanyakn orang, tak terkecuali penderita asam lambung yang sangat disarankan agar tidak tidur lagi pada waktu-waktu tersebut.(Sumber: Shutterstock/PopTika)

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

SOLO, KOMPAS.TV - Menjadi catatan bagi penderita asam lambung untuk tidak membiasakan diri tidur setelah sahur saat bulan Ramadan nanti.

Alasannya, karena kebiasaan itu dapat membuat asam lambung naik hingga ke kerongkongan dan memicu gangguan kesehatan yang lain seperti GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease.

Dokter gastroenterologi di Mayapada Hospital, Kaka Renaldi, pun memberikan penjelasan lebih lanjut bahwa penderita asam lambung itu juga memiliki kendala dalam proses pengosongan lambung.

Jika orang normal perlu 2-3 jam untuk mengosongkan makanan di lambung dan menurunkannya ke usus halus, maka penderita asam lambung dan GERD butuh waktu lebih lama.

Baca Juga: Apakah Puasa Memperparah Penyakit Asam Lambung? Begini Tips dari Ahli

"Jadi, bagi pasien asam lambung dan GERD, sangat saya anjurkan untuk tidak tidur sehabis sahur," kata Kaka, dikutip dari Kompas.com, Minggu (27/3/222).

Melansir Sleep Foundation, kebiasaan tidur setelah makan juga dapat menghambat penurunan asam lambung, mengingat gaya gravitasi tak akan bekerja optimal saat tubuh dalam posisi berbaring.

Selain itu, kondisi tidur pun bisa memengaruhi produksi air liur yang memiliki fungsi menetralkan asam lambung.

Dengan demikian, menurut serangkain penjelasan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kebiasaan tidur setelah makan atau sahur itu tidak baik terutama bagi penderita asam lambung.

Bahkan, dalam jangka panjang, kebiasaan tidur usai sahur juga bisa menyebabkan efek buruk lainnya, seperti penambahan berat badan dan gangguan tidur.

Baca Juga: Ramadan 2022 dan Idul Fitri Berapa Hari Lagi? Ini Jadwal Puasa dan Bacaan Niat

Solusi mengatasi rasa kantuk setelah sahur

Sangat wajar, apabila rasa kantuk muncul setelah sahur, karena mungkin pada malam sebelumnya mengalami gangguan tidur atau waktu istirahat yang kurang.

Khusus bagi penderita asam lambung, Kaka pun memberikan solusi, untuk tidur sejenak jika memang rasa kantuk itu sudah tidak terhindarkan.

Namun, penderita asam lambung yang hendak mengistirahatkan tubuhnya sebentar sehabis sahur, maka posisi tidur mesti diperhatikannya.

"Kalau pun mengantuk, tidur setengah duduk di kursi goyang atau kursi biasa tapi posisinya tegak," ujar Kaka.



Sumber : Kompas.com/Sleep Foundation


BERITA LAINNYA



Close Ads x