Kompas TV nasional hukum

Saran Kapolri buat Calon Pemudik: Segera Lengkapi Vaksin Covid-19 hingga Dosis Ketiga

Kompas.tv - 27 Maret 2022, 05:05 WIB
saran-kapolri-buat-calon-pemudik-segera-lengkapi-vaksin-covid-19-hingga-dosis-ketiga
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan akselerasi vaksinasi di Gelanggang Olahraga (GOR), Kajang, Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Kamis (24/2/2022). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyarankan masyarakat yang ingin mudik untuk merayakan Idulfitri 2022 dapat melengkapi vaksinasi hingga dosis ketiga.

Sigit menjelaskan sebagai antisipasi peningkatan kasus Covid-19 di tanah air, saat ini pemerintah sedang mempertimbangkan vaksinasi ketiga atau booster sebagai syarat pelaku perjalanan dalam negeri. Termasuk juga untuk pemudik.

Tak hanya itu pemberlakuan syarat hasil negatif dari tes PCR atau antigen juga kembali diberlakukan sebagai syarat perjalanan. 

Baca Juga: Aturan Mudik, Warga yang Sudah Vaksin Booster Bebas Tes Usap

Menurut Sigit, nantinya pemudik yang belum melaksanakan vaksinasi booster, harus menunjukkan hasil negatif Covid-19 dari tes PCR atau antigen sebagai syarat perjalanan. 

"Untuk mudik walau sudah vaksin dua kali, kemungkinan akan ada kebijakan mensyaratkan kembali tes usap antigen Covid-19. Sedangkan yang sudah booster bebas dari itu (tes antigen)," ujar Sigit saat kunjugan kerja ke Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (26/3/2022). Dikutip dari Antara.

Sigit menambahkan vaksin dosis ketiga penting untuk mencegah para pemudik terpapar virus Corona saat perjalanan.

Terlebih tujuan dari pemudik ke kampung halaman yakni mengunjungi orang tua yang mayoritas sudah lanjut usia atau lansia, dan tergolong rentan tertular Covid-19.

Baca Juga: Syarat Mudik Diperlonggar, Pemeritah Diminta Tetap Awasi Penerapan PPKM Serta Prokes Masyarakat!

Untuk itu mantan Kapolda Banten ini menyarankan masyarakat melengkapi vaksinasi hingga dosis ketiga sebelum menjalankan mudik.




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x