Kompas TV nasional berita utama

Konsentrasi Hadapi Pemilu 2024, Maman Imanul Haq: PKB Tidak Terpengaruh Isu Reshuffle

Kompas.tv - 24 Maret 2022, 11:00 WIB
konsentrasi-hadapi-pemilu-2024-maman-imanul-haq-pkb-tidak-terpengaruh-isu-reshuffle
KPU merencanakan pendaftaran partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 akan dibuka mulai 1 sampai 7 Agustus 2022. (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menegaskan tidak akan terpengaruh dengan isu reshuffle yang disebut-sebut akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Pasalnya, PKB merupakan partai pendukung yang sejak awal berdarah-darah dan berkeringat dalam perjuangan Jokowi menjadi presiden, baik di periode pertama maupun kedua.

Demikian Wakil Sekretaris Dewan Syuro PKB Maman Imanul Haq merespons isu Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle dalam Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Kamis (24/3/2022).

“Sehingga urusan menteri itu, sebenarnya tidak terlalu berpengaruh karena kita yakin presiden tidak akan mengurangi jatah-jatah partai pendukung dari awal (bergabung),” ujarnya.

Baca Juga: Dibongkar PKB, Ternyata Jatah 1 Menteri dan 1 Wamen PAN dari Suara Istana Pinggiran

“Yang penting soliditas partai-partai untuk memenangkan di 2024,” tambahnya.

Maman lebih lanjut berpendapat yang hari ini menjadi pertaruhan justru Presiden Jokowi dengan rakyat.

“Bukan Jokowi dengan partai politik, karena partai politik hari ini semuanya konsentrasi untuk memenangkan di pemilu 2024, karena Februari tanggal 14 itu kan sangat dekat,” ujarnya.

Sementara analis politik Lembaga Survei Kedai Kopi Hendri Satrio mengaku senang dengan pernyataan Maman Imanul Haq yang mengatakan semua partai tengah konsentrasi untuk pemilu 2024.

“Jadi juga ini 2024. Gantian, jadi isu penundaan pemilu di PKB juga sudah mulai turun,” ujarnya.

Baca Juga: Analis Politik Ini Yakin Jokowi Tidak Lakukan Reshuffle: Isu Penundaan Pemilu Nggak Berjalan Kan?

Sebagaimana diberitakan wacana penundaan pemilu sempat menjadi topik hangat setelah PKB mengungkapkan ke publik.

Sebab, PKB merupakan bagian dari parpol koalisi pendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Isu penundaan pemilu 2024 yang digulirkan Ketua PKB Muhaimin Iskandar ini pada satu kesempatan lain juga mendapat respons positif dari Ketua PAN Zulkifli Hasan.

Zulkifli yang partainya masuk paling buncit di barisan koalisi pendukung pemerintah menyatakan mendukung usulan penundaan pemilu 2024 yang disampaikan PKB.

Presiden Jokowi pun akhirnya buka suara merespons usulan penundaan pemilu 2024 hingga dua tahun. Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi menegaskan dirinya tunduk pada konstitusi.

Menkopolhukam Mahfud MD bahkan tegas menyatakan bahwa tidak ada penundaan pemilu atau perpanjangan masa jabatan presiden.  




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x