Kompas TV nasional sosial

Ramadan 2022 Masjid Istiqlal akan Dibuka 100 Persen, PKL dan Parkir Liar Ditertibkan

Kompas.tv - 23 Maret 2022, 21:30 WIB
ramadan-2022-masjid-istiqlal-akan-dibuka-100-persen-pkl-dan-parkir-liar-ditertibkan
Masjid Istiqlal akan bangun terowongan silaturahmi yang menghubungkan dengan Gereja Katedral. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemprov DKI Jakarta melakukan penataan di kawasan Masjid Istiqlal. Puluhan pedagang kaki lima yang berjualan di kawasan masjid akan direlokasi. 

Penataan ini menyusul rencana pembukaan 100 persen kapasitas jemaah yang beribadah di bulan Ramadan di Masjid Istiqlal. 

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menjelaskan penertiban PKL di kawasan Masjid Istiqlal ini setelah adanya rencana Imam Besar dan pemerintah pusat untuk membuka ibadah 100 persen di Masjid Istiqlal saat bulan Ramadan 2022.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Warga yang Ingin Melakukan Shalat Tarawih dan Mudik Diperbolehkan

Menurut Irwandi, nantinya akan ada duta besar dan pejabat negara yang akan beribadah di masjid tersebut di bulan Ramadan tahun ini.

"Jadi akan banyak orang-orang penting yang akan hadir di situ. Kalau itu kumuh, mereka kan juga agak risih. Itu yang diharapkan di bulan Ramadan di Istiqlal ini," ujar Irwandi, Rabu (23/3/2022). Dikutip dari Antara

Selain menata kawasan Masjid Istiqlal dari PKL, Dinas Perhubungan DKI bersama Polda Metro Jaya akan memasang barrier atau pembatas jalan di lokasi pintu masuk masjid.

Menurut Irwandi, pemasangan pembatas jalan akan dimulai pada Kamis (24/3/2022). 

Baca Juga: Pembangunan Selesai, Terowongan Silaturahmi Masjid Istiqlal - Katedral Segera Diserahkan Ke Kemenag

Sedangkan untuk puluhan PKL yang biasa berdagang di pintu masuk Masjid Istiqlal, tepatnya di seberang Halte Transjakarta Juanda, akan dipindahkan di lokasi binaan di Palmerah dan Abdul Ghani, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) juga telah melakukan pendekatan dan sosialisasi terkait lokasi pemindahan yang sudah disediakan.

"Kita sudah siapkan penampungan oleh Sudin PPKUKM di Palmerah dan Abdul Ghani. Jadi memang setiap penertiban itu harus ada solusinya, seluruh PKL harus ditampung di satu tempat," ujar Irwandi.

Baca Juga: Jelang Ramadan, KPI Terbitkan Edaran Larang Tampilkan Pengisi Acara Berpotensi Timbulkan Mudarat

Irwandi menambahkan kawasan Masjid Istiqlal juga akan bebas dari parkir liar. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin guna memastikan tidak ada PKL serta parkir liar pintu masuk dan kawasan Masjid Istiqlal.

"Parkirnya akan kita tata lagi, kita minta di depan (Istiqlal) itu bersih pada Ramadhan ini. Setelah renovasi, new Istiqlal itu inginnya tertib dan bersih, itu permintaan dari Imam Besar Istiqlal," ujar Irwandi.

 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x