Kompas TV nasional peristiwa

IM57+ Minta Polisi Cabut Status Tersangka Haris Azhar dan Fatia Terkait Pencemaran Nama Baik

Kompas.tv - 21 Maret 2022, 10:29 WIB
im57-minta-polisi-cabut-status-tersangka-haris-azhar-dan-fatia-terkait-pencemaran-nama-baik
Dialog daring Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti yang dianggap mencemarkan nama baik Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. (Sumber: Youtube Haris Azhar)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV — Indonesia Memanggil (IM57+) Institute meminta kepolisian untuk mencabut status tersangka aktivis HAM, Haris Azhar dan Fatia terkait kasus dugaan pencemaran nama baik.

Pernyataan itu disampaikan Ketua IM57+ Institute, M. Praswad Nugraha lantaran pihaknya menilai bahwa penetapan tersangka kedua aktivis tersebut merupakan bentuk kriminalisasi.

"Kami menuntut kepolisian mencabut status tersangka atas Haris Azhar dan Fatia serta menghentikan proses penyidikan dugaan pencemaran nama baik," kata Praswad melalui keterangan tertulis, Senin (21/3/2022).

Lebih lanjut, Praswad menyatakan langkah yang dilakukan kepolisian tersebut justru menghambat terwujudnya tujuan negara demokratis yang didasarkan pada nilai transparansi dan akuntabilitas.

Baca Juga: Haris Azhar dan Fatia Jadi Tersangka Pencemaran Nama Baik Luhut, IM57+ Institute Beri Reaksi Keras

Bahkan, menurutnya langkah polisi merupakan langkah mundur dalam membongkar kejahatan oligarki di Indonesia.

Secara umum, lanjutnya, untuk mengungkap kejahatan HAM dibutuhkan perlindungan terhadap kebebasan berbicara.

Untuk diketahui, IM57+ Institute merupakan wadah bagi puluhan mantan pegawai KPK yang disebut tidak lolos asesmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dalam mewujudkan Indonesia yang bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya telah menetapkan Direktur Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti sebagai tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik. Keduanya dijadwalkan akan diperiksa polisi pada Senin (21/3/2022) depan.

Haris dan Fatia menjadi tersangka pada kasus dugaan pencemaran nama baik Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Penetapan tersangka tersebut dibenarkan oleh Fatia, Sabtu (19/3/2022).

"Iya. Saya dan Haris sudah ditetapkan tersangka,” kata Fatia saat dikonfirmasi mengenai kabar tersebut.

Perlu diketahui, Haris dan Fatia dipolisikan oleh Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, terkait video yang diunggah di akun YouTube bertajuk "Ada Lord Luhut di Balik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya!!Jenderal BIN Juga Ada!!

Sementara itu, polisi mengagendakan pemeriksaan terhadap Haris dan Fatia sebagai tersangka pada hari ini, Senin (21/3).

Haris dan Fatia berencana akan menempuh jalur hukum Praperadilan untuk menguji prosedur aparat kepolisian dalam menetapkannya sebagai tersangka

Baca Juga: Ditetapkan Sebagai Tersangka, Haris Azhar Sebut Merupakan Sebuah Kehormatan Bagi Dirinya




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x