Kompas TV nasional kesehatan

Survei Kemenkes: 86,6 Persen Populasi di Indonesia Kebal Covid-19

Kompas.tv - 19 Maret 2022, 05:45 WIB
survei-kemenkes-86-6-persen-populasi-di-indonesia-kebal-covid-19
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merilis hasil sero survey yang menyatakan bahwa 86,6 persen penduduk di Indonesia memiliki kekebalan terhadap Covid-19. (Sumber: France24)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Tim Pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI merilis hasil survei serologi antibodi penduduk Indonesia terhadap virus SARS-CoV-2 atau Covid-19.

Dalam sero survey yang dilakukan pada November-Desember 2021, hasilnya menunjukkan bahwa sebanyak 86,6% populasi Indonesia telah memiliki antibodi terhadap Covid-19.

Hal tersebut menandakan bahwa di bulan November-Desember 2021, 86,6 persen penduduk Indonesia memiliki kekebalan terhadap Covid-19.

Angka kekebalan tersebut diprediksi akan terus bertambah seiring dengan program vaksinasi Covid-19 yang masih terus dijalankan.

Sero survey perlu dilakukan karena ini akan dipakai oleh pemerintah sebagai dasar dalam menentukan kebijakan yang berbasis bukti,” kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Jumat (18/3/2022).

Prof Pandu Riono dari Tim Pandemi FKM UI mengatakan, penelitian yang berbasis dari berapa banyak tingkat penduduk yang sudah mempunyai tingkat kekebalan terhadap SARS-CoV-2 ini, nantinya akan menjadi dasar untuk mengendalikan pandemi.

Kekebalan atas Covid-19 ini didapat dari dari upaya yang sistematik melalui vaksinasi serta secara alami setelah seseorang terinfeksi SARS-CoV-2.

Baca Juga: Soal Pandemi dan Endemi, Menkes Budi: Hanya Beda Nama, Virusnya Tetap Ada

"Sejak Desember 2021 tepat pada penelitian ini berakhir, kita tahu berapa banyak penduduk berdasarkan umur, berdasarkan jenis kelamin, berdasarkan wilayah, yang mempunyai tingkat imunitas terhadap SARS-CoV-2,” kata Prof Pandu.

Selain mengukur jumlah penduduk yang memiliki kekebalan terhadap Covid-19, sero survey ini juga dilakukan untuk mengetahui berapa besar kadar antibodi yang dimiliki penduduk di Indonesia.

Prof Pandu menjelaskan, kadar antibodi merupakan info penting untuk menghadapi pandemi Covid-19 dengan berbagai varian virus karena semakin tinggi kadar antibodi pada tubuh seseorang maka juga akan meminimalisir risiko buruk dari pandemi.

Apakah Kebal Covid-19 Berarti Tidak Bisa Terinfeksi SARS-CoV-2?

Dalam sero survey yang dilakukan berdasarkan wilayah aglomerasi sebanyak 9 provinsi 47 kabupaten/kota, dan wilayah nonaglomerasi yang terdiri dari 25 provinsi 53 kabupaten/kota ini, memang menghasilkan angka 86,6 penduduk Indonesia kebal Covid-19.

Akan tetapi, meskipun memiliki antibodi terhadap SARS-CoV-2, infeksi masih bisa terjadi namun risiko parah yang berujung kematian menjadi berkurang.

“Mereka masih mungkin terinfeksi tapi risiko terjadinya sakit parah kemudian meninggal akan jauh lebih berkurang,” kata salah satu peneliti Iwan Ariawan.

Baca Juga: Jokowi: Pandemi Belum Rampung, Tambah Lagi Ada Perang, Semua Negara Pusing!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x