Kompas TV olahraga kompas sport

Jadwal Pembalap Sirkuit Mandalika Hari Ini, Sesi Mapping Paling Lama

Kompas.tv - 17 Maret 2022, 12:51 WIB
jadwal-pembalap-sirkuit-mandalika-hari-ini-sesi-mapping-paling-lama
MGPA, ITDC, PT PP, dan R3 saat melukan pengecekan langsung terhadap hasil pengasapalan ulang trek Sirkuit Mandalika. (Sumber: Tribun Lombok/Sinto)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Fadhilah

KOMPAS.TV - Jadwal resmi hari pertama balapan MotoGP Indonesia akan diisi beberapa agenda yang berlangsung sepanjang siang dan sore hari ini waktu lokal, Kamis (17/3/2022).

Circuit Coordinator sekaligus pembalap nasional Denny Pribadi, agenda pertama dan kedua adalah melibatkan semua aspek teknis sirkuit oleh para otoritas pagelaran MotoGP.

Sementara, agenda Riders Track Familiarisation adalah saat para rider melakukan jalan di lintasan untuk memperhatikan secara detail dan dekat kondisi lintasan.

"Jadi, sesi yang pukul 12.30 WITA hanya melibatkan anggota FIM dan Dorna. Mereka jalan kaki di lintasan untuk melihat keamanan dan kelayakan tes." tuturnya dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: BMKG: Balapan MotoGP Mandalika 2022 Berpotensi Hujan Lebat, Waspada!

"Mereka juga menguji kelancaran audio ke marshal dan mengetes sistem Digital Flag, suatu hal baru di dunia MotoGP."

"Sementara, sesi yang sore hari adalah bagi para pebalap melihat dari dekat semua tikungan, kondisi aspal, dan sebagainya."

Denny menjelaskan, sesi yang sering dinamakan sesi "mapping" oleh para pembalap Indonesia ini adalah hal yang penting.

"Penting banget sebagai pebalap, agar ketika balapan bisa tahu titik mengambil apex (lintasan paling optimal dalam mengambil tikungan) atau sisi lintasan yang licin," tuturnya.

"Cara mengambil tikungan paling ideal. Sehingga, sesi ini paling enak kalau jalan kaki, kalau naik motor atau mobil terlalu kencang. Para pembalap bisa sampai menyentuhkan tangan ke aspal (untuk merasakan kontur atau cengkeraman) lintasan."

Baca Juga: 3 Masjid Indah di Sekitar Mandalika, Bisa Nonton Moto GP Dilanjut Wisata Religi

Sesi ini dijadwal yang paling lama dari pukul 14.30 hingga 16.00 WITA. Namun, bebas digunakan para pebalap apakah mereka akan turun sepanjang sesi, sebagian, atau bahkan tidak sama sekali.

"Kalau saya pribadi akan habiskan waktu yang dikasih panitia," ujarnya. "Namun, ada juga yang sekali melintas cukup. Kalau tak mau juga tidak apa-apa."

"Bisa juga langsung ke sesi free practice kalau dia memang sudah pede dengan lintasan."

Setelah sesi track walk tersebut, konferensi pers resmi pertama MotoGP Indonesia akan dilakukan bersama Enea Bastianini (Ducati), Brad Binder (KTM), Pol Espargaro (Honda), Marc Marquez (Honda), Fabio Quartararo (Yamaha).

Baca Juga: Biawak dan Anjing Liar Bermunculan di Sirkuit Mandalika, Lombok Animal Lover Lakukan Patroli



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x