Kompas TV nasional politik

Ketua Komisi VIII Pastikan Biaya Haji di Bawah Rp 45 Juta

Rabu, 16 Maret 2022 | 19:10 WIB
ketua-komisi-viii-pastikan-biaya-haji-di-bawah-rp-45-juta
Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto. (Sumber: (DOK. DPR RI))

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menyatakan, apabila tahun 2022 ibadah haji akan dilaksanakan, biayanya akan di bawah Rp 45 juta. Sebab, Pemerintah Arab Saudi telah melonggarkan beberapa aturan protokol kesehatan (prokes). 

"Kami memastikan (biaya haji) enggak Rp 45 juta. Karena nggak ada PCR swab dan karantina, jadi kita pastikan ongkos haji itu nggak Rp 45 juta. Kita pastikan itu. Karena Arab Saudi sudah menghapuskan karantina dan PCR, artinya nggak Rp 45 juta, dong," kata Yandri kepada wartawan, Rabu (16/3/2022). 

Baca Juga: Kemenag Optimistis Ibadah Haji Bisa Digelar Tahun Ini meski Kuota Terbatas

Politikus PAN itu menyebut, pihaknya menargetkan setelah perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah sudah ada kepastian ihwal biaya dan penyelenggaraan haji.

"Kemungkinan itu akan kita umumkan itu di awal atau pertengahan April, sebelum Lebaran Idul Fitri," kata dia.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan adanya kenaikan biaya haji tahun 2022 menjadi Rp 45 juta rupiah per jemaah.

Kenaikan biaya haji pada musim haji tahun 2022 di tengah pandemi ini diperuntukkan dengan kebutuhan di antaranya biaya penerbangan, biaya hidup, sebagian biaya Mekah, dan Madinah, biaya visa dan biaya PCR di

Sementara itu Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) menyetujui usulan kenaikan biaya haji dengan bertambahnya komponen biaya haji untuk kasehatan dan karantina.

Amphuri juga meminta biaya haji yang baru segera direalisasikan.

Baca Juga: Arab Saudi Longgarkan Aturan, Wamenag Harap Ibadah Haji Tahun Ini Dibuka untuk Semua Negara

Seperti diketahui biaya naik haji di Indonesia cenderung meningkat setiap tahun, 2018 baiaya naik haji mencapai Rp 35 juta.

Sementara 2019 naik menyesuaikan kurs dollar yakni Rp35,23 juta, 2020 dan 2021 tidak ada pemberangkatan karena masih dalam masa pandemi dan rencananya tahun 2022 biaya haji diusulkan mencapai Rp 45 juta.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x