Kompas TV nasional update corona

Kemenkes Tegaskan Varian Deltacron Belum Terdeteksi di Indonesia hingga Saat Ini

Kompas.tv - 16 Maret 2022, 14:35 WIB
kemenkes-tegaskan-varian-deltacron-belum-terdeteksi-di-indonesia-hingga-saat-ini
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, hingga kini varian Deltacron belum terdeteksi di Indonesia. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan, hingga kini varian Deltacron belum terdeteksi di Indonesia. 

Seperti diketahui, Deltacron merupakan gabungan varian Covid-19 Delta dan Omicron yang saat ini tengah menjadi sorotan.

“Hingga saat ini, pemerintah belum mendeteksi kasus varian Deltacron di Indonesia dan kita terus akan memantau," kata juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan tertulis, Rabu (16/3/2022). 

Nadia menegaskan, apa pun jenis virusnya, masyarakat tetap diminta waspada dengan terus menerapkan protokol kesehatan dan disiplin mengikuti vaksinasi Covid-19.

Sementara itu terkait dengan informasi adanya sub varian Omicron BA.2, Nadia menjelaskan, varian tersebut telah mendominasi di Indonesia.

Kemenkes menyebut ada 19 provinsi yang sudah mencatat varian BA.2 tersebut.

Meski demikian, Nadia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu panik. Dia menuturkan, masyarakat hanya perlu segera menjalani vaksinasi lengkap dengan tambahan booster.

Baca Juga: 4 Fakta Varian Deltacron Gabungan Delta dan Omicron, Apakah Lebih Berbahaya?

Vaksin jenis apa pun, lanjut dia, masih efektif untuk mempertahankan diri dari virus Covid-19, termasuk subvarian Omicron BA.1 maupun BA.2.

"Kuncinya kita harus lengkapi vaksinasi dua dosis, serta perlu menambah dosis ke 3 atau booster untuk menambah pertahanan kita dari subvarian Omicron ini," tegasnya. 

"Tidak lupa, tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat,” imbuh Nadia. 

Sebelumnya, badan kesehatan dunia WHO mengonfirmasi mengenai adanya temuan Deltacron ini. Namun, tingkat deteksinya terbilang sangat rendah.

Sementara terkait tingkat keparahan gejala varian baru Deltacron ini pun belum dapat dipastikan dan masih terus diteliti lebih lanjut.

Adapun varian Deltacron ini telah terdeteksi di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Belanda, Prancis, dan Denmark.

Baca Juga: Dua Tahun Covid di RI, Cerita Mereka yang Tertular Varian Delta hingga Omicron

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x