Kompas TV regional peristiwa

Demo Tolak Pembentukan Daerah Otonomi Baru di Papua Berujung Kerusuhan, 2 Orang Tewas Tertembak

Kompas.tv - 15 Maret 2022, 22:37 WIB
demo-tolak-pembentukan-daerah-otonomi-baru-di-papua-berujung-kerusuhan-2-orang-tewas-tertembak
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri saat memberikan keterangan. Mathius menyebut telah terjadi demonstrasi ribuan massa menolak pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua.  (Sumber: KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

YAHUKIMO, KOMPAS.TV - Demonstrasi yang dilakukan oleh ribuan massa menolak pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, berakhir rusuh.

Akibat peristiwa kerusuhan yang terjadi pada Selasa (15/3/2022) tersebut mengakibatkan dua orang dilaporkan tewas tertembak.

Baca Juga: Kasat Intel Polres Jakpus Luka dan Tak Sadarkan usai Bentrok dengan Pedemo Tolak Pemekaran Papua

Kedua korban tewas tersebut masing-masing bernama Yakob Dell yang berusia 30 tahun dan Esron Wipea berusia 22 tahun.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri menjelaskan sebelum terjadi kerusuhan,  aksi demo yang dilakukan ribuan massa itu berlangsung damai.

Fakhiri menuturkan dalam aksi demo itu, kegiatan orasi yang disampaikan demonstran bahkan bisa berlangsung lancar.

Kondisi kemudian berubah saat massa hendak membubarkan diri, tiba-tiba melakukan aksi perusakan dan pembakaran terhadap rumah kios (ruko).

Baca Juga: Aksi Demo Tolak Pemekaran Papua di Istana Negara Berlangsung Ricuh!

Tak hanya itu, kata Fakhiri, massa yang membubarkan diri itu juga menyerang personel kepolisian yang berada di sekitar lokasi kejadian.

"Pelaksanaan orasi berjalan lancar, namun saat selesai melaksanakan orasi inilah yg terjadi gesekan dari masyarakat sendiri," kata Fakhiri di Jayapura, Selasa (15/3/2022).

"Ditambah ada yang provokasi, sehingga masyarakat lain melakukan aksi-aksi terhadap bangunan ruko yang ada di sekitar kantor Kominfo."

Menurut Fakhiri, personel kepolisian tak tinggal diam. Ketika hendak berusaha menghentikan aksi massa, justru polisi menjadi sasaran amuk massa.

Baca Juga: Ricuh! Massa Demo Tolak Pemekaran Papua Mendekati Istana Presiden, 4 Polisi Terluka



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x