Kompas TV nasional sosial

Menhub Dorong Pelaku Bisnis Pelayaran Buka Rute Internasional Secara Langsung

Senin, 14 Maret 2022 | 14:57 WIB
menhub-dorong-pelaku-bisnis-pelayaran-buka-rute-internasional-secara-langsung
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Sumber: Kompas.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendorong para pelaku bisnis pelayaran, khususnya pemilik kapal atau perusahaan pengiriman untuk membuka rute internasional secara langsung.

Harapan Budi tersebut disampaikan saat menghadiri peluncuran perdana rute ekspor Indonesia – China Senin (14/3/2022) di Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Tanjung Priok. Jakarta Utara.

Ekspor tersebut dilakukan oleh perusahaan pengiriman PT. Meratus Line bekerja sama dengan operator Pelabuhan PT. Pelindo.

“Saya mengajak perusahaan pengiriman yang lain juga berani melakukan ekspansi global dengan rute langsung ke negara lain,” ujar Budi, seperti dikutip dari keterangan resmi Kemenhub.

Baca Juga: Warga Rusun Marunda Ancam Demo Kemenhub Terkait Debu Batu Bara yang Menyelimuti Rumah Mereka

Ekspor perdana tersebut diharapkan menjadi awal yang baik,  dan okupansinya semakin maksimal, serta semakin banyak negara tujuan ekspor, seperti: Korea, Jepang, Eropa, Amerika, dan negara Timur Tengah.

Budi menambahkan, pemerintah terus berupaya menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai hub logistik, dan memiliki mitra usaha pelayaran yang berjaringan luas serta terkoneksi dengan negara-negara lain.

Sehingga, produk-produk Indonesia bisa menjelajah dan masuk ke rantai pasok global.

“Kita berharap pelayaran di Indonesia akan terus tumbuh dan memberikan kontribusi, khususnya dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dan mendukung kelancaran distribusi logistik ke berbagai negara,” urainya.

Baca Juga: Ada Pengecualian dalam Razia ODOL, Kemenhub: Untuk Angkutan Sembako


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x