Kompas TV nasional agama

Menag Yaqut Ingin Datangkan Paus Fransiskus, Sapa Umat Katolik di Indonesia

Kompas.tv - 8 Maret 2022, 10:40 WIB
menag-yaqut-ingin-datangkan-paus-fransiskus-sapa-umat-katolik-di-indonesia
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas ingin Paus Fransiskus datang ke Indonesia, sekaligus menyapa umat katolik di Indonesia seraya melihat keragaman negeri ini (Sumber: Dok. Kemenag)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berkeinginan mengundang pemimpin umat Katolik, Paus Fransiskus, untuk datang dan mengunjungi Indonesia, melihat keragaman Indonesia, sekaligus menyapa warga dan umat Katolik yang berada di negeri ini.

Hal itu diungkapkan Menag Yaqut dalam Pertemuan Nasional Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) di Nusa Dua, Denpasar, Bali, Senin (7/3/2022). 

“Saya ingin menghadirkan Paus Fransiskus ke Indonesia untuk melihat langsung indahnya keberagaman di Indonesia, sekaligus menyapa umat Katolik Indonesia secara langsung,” ujarnya dikutip dari situs resmi Kemenag Selasa (8/3/2022).

"Mudah-mudahan setelah kondisi normal, beliau bisa hadir ke Indonesia. Saya minta Pak Plt Dirjen Katolik menjajaki rencana mengundang beliau," kata Menag di hadapan pemimpin perwakilan umat Katolik se-Indonesia tersebut.

Menag Yaqut sendiri pernah berjumpa dengan Paus Fransiskus. Peristiwa itu terjadi pada 25 Desember 2019 di Vatikan.

Waktu itu, Menag Yaqut hadir dalam kapasitasnya sebagai ketum GP Ansor dalam upaya mendukung Dokumen Persaudaraan Kemanusiaan antara Grand Syeikh Al-Azhar Ahmad Al-Tayeb dengan Paus Fransiskus.  

Menag lalu berkisah tentang pertemuannya dengan pemimpin Gereja Katolik sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus itu pada 2019 silam.

Menag lantas mengapresiasi keterbukaan Paus Fransiskus, khususnya ketika menerima perbedaaan.

"Saya bercerita tentang keindahan toleransi di Indonesia dan beliau (Paus Fransiskus) mengaku sangat mencintai Indonesia," kata Menag. 

Baca Juga: Menag Yaqut: Masjid Kita Perkuat Lagi Sebagai Pusat Peradaban

Paus Fransiskus Sempat Ingin ke Indonesia, Gagal karena Pandemi

Paus Fransiskus sendiri dikabarkan akan mengunjungi Indonesia pada September 2020 lalu, tapi gagal karena pandemi merebak di pelbagai negara, termasuk di Indonesia. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x