Kompas TV nasional sapa indonesia pagi

Kapan Pandemi Covid-19 di Indonesia Jadi Endemi? Ini Kata Epidemiolog

Kompas.tv - 7 Maret 2022, 09:54 WIB
kapan-pandemi-covid-19-di-indonesia-jadi-endemi-ini-kata-epidemiolog
Ilustrasi: Pemerintah Indonesia melakukan persiapan untuk pandemi Covid-19 menjadi endemi. (Sumber: AP Photo/Hiro Komae)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah tengah menyiapkan strategi agar Indonesia segera keluar dari pandemi Covid-19, dan memasuki fase endemi.

Endemi adalah suatu kondisi di mana suatu populasi infeksi itu terus-menerus bertahan pada tingkat dasar di wilayah geografis tertentu. Sebagai contoh endemi adalah malaria,  dan cacar air.

Lantas, kapan pandemi Covid-19 menjadi endemi di Indonesia?

Epidemolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman mengatakan sulit untuk menyebut secara pasti kapan Indonesia akan masuk endemi.

Dicky lantas menjelaskan ada beberapa faktor yang menentukan Indonesia bisa segera masuk ke masa endemi.

Baca Juga: Hoaks Melakukan Tes PCR Sama Dengan Mendapatkan Vaksinasi | News Or Hoax

"Antara lain kombinasi antara program pemerintah dan juga kedispilinan dari masyarakat serta karakter dari virus itu sendiri," kata Dicky dalam tayangan Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Senin (7/3/2022).

Menurut Dicky, masa transisi juga termasuk faktor yang sangat penting untuk menentukan apakah Indonesia siap memasuki masa endemi.

"Contoh masuk Bali (ada) 3 hari masa karantina atau tidak ada karantina, itu adalah salah satu masa transisi di mana akan diuji prosedur yang kita lakukan sudah aman atau belum," kata Dicky.

Lebih lanjut, Dicky mengatakan masa transisi tersebut juga bisa dilihat dari kelonggaran aktivitas masyarakat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x