Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Melakukan Tes PCR Sama Dengan Mendapatkan Vaksinasi | News Or Hoax

Kompas.tv - 7 Maret 2022, 09:25 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar sebuah informasi dalam bahasa Korea yang diklaim bahwa penelitian di universitas john hopkins mengembangkan tes pcr dan hasilnya sama seperti mendapatkan vaksinasi. Pada unggahan tersebut juga disebut untuk menolak semua tes pcr Universitas John Hopkins, karena hal tersebut dapat membahayakan pasien yang terus menerus mendapatkan vaksinasi jika melakukan tes pcr berulang kali.

Namun setelah dicek kebenarannya, informasi yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Pada penelitian yang dirujuk pada unggahan tersebut tidak ditemukan penyebutan pcr. Unggahan tersebut telah menyalah-artikan penelitian yang dilakukan Universitas John Hopkins pada tahun 2020. Melalui AFP, juru bicara Universitas John hopkins mengklarifikasi bahwa informasi tersebut salah dan tidak akurat karena sama sekali tak ada kaitannya dengan tes pcr dan vaksinasi. Artikel tersebut berisi tentang penelitian mengenai perangkat yang dikenal sebagai thetagrippers yang disebarkan ke usus melalui endoskop, dan tidak ada hubungannya dengan pcr.

Jadi, informasi yang menyatakan penelitian di universitas john hopkins mengembangkan tes pcr dan hasilnya sama seperti mendapatkan vaksinasi adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.