Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Erick Thohir: MotoGP Promosi Luar Biasa untuk Indonesia

Kompas.tv - 7 Maret 2022, 09:08 WIB
erick-thohir-motogp-promosi-luar-biasa-untuk-indonesia
Menteri BUMN Erick Thohir (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, gelaran MotoGP Mandalika dapat mempromosikan nama Indonesia ke dunia internasional. Ia menilai, Indonesia adalah negara yang besar namun kurang mendapat promosi selama ini.

Menurutnya, acara olahraga cara tercepat mempromosikan sebuah negara. Ia mencontohkan saat Indonesia menggelar Asian Games 2018, maka semua orang bisa tahu Indonesia.

"Sama juga dengan adanya MotoGP Mandalika ini yang berlangsung selama 10 tahun, dengan total daripada siaran hampir mencakup sepertiga penduduk dunia, ini merupakan promosi yang luar biasa yang saya rasa secara rating juga bisa dipertanggungjawabkan," kata Erick seperti dikutip dari Antara, Senin (7/3/2022).

Apalagi, Mandalika merupakan 1 dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas atau DPSP yang ditentukan pemerintah. Sehingga pariwisatanya terus disiapkan dengan baik.

Baca Juga: Bagikan Deviden Rp 26,4 Triliun, Menteri BUMN Erick Thohir Puji Kinerja BRI

Diadakannya MotoGP di Indonesia juga erat kaitannya dengan kondisi demografi dan perekonomiannya. Kondisi itu juga yang dilihat pihak penyelenggaran MotoGP, Dorna Sports, sebagai hal yang menguntungkan.

"Tentu kalau kami dari Kementerian BUMN dan pihak korporasi melihat kenapa MotoGP ada di Indonesia? Kita mesti melihat bahwa ekonomi Indonesia terus tumbuh sampai dengan tahun 2045," ujar Erick.

"Apalagi generasi muda Indonesia saat ini sudah merupakan mayoritas penduduk Indonesia, jadi kita bisa melihat bagaimana pertumbuhan daripada industri motor di Indonesia akan terus berkembang," ujarnya.

Ia menjelaskan, mengapa promosi dan national branding sangat penting bagi Indonesia. Yaitu karena citra yang baik akan menarik investasi asing dan pada akhirnya akan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Jelang MotoGP Mandalika, Para Pembalap DIjadwalkan Bertemu Presiden di Istana

Sebelumnya, Erick Thohir menyampaikan tiket hari ketiga atau terakhir MotoGP Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, ludes terjual.

Erick menyebut,  Dorna Sports mengapresiasi dan bahkan memberikan stand tambahan untuk fans dari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, dan Maverick Vinales dari Aprilia Racing.

"Dorna sangat mengapresiasi bahkan memberikan stand tambahan fans Marc Marquez dan Maverick Vinales sebanyak masing-masing 500 tiket lagi dan saya yakin ini akan sold out," ucap Erick.

MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika akan berlangsung selama 3 hari. Pada hari pertama Jumat (18/3), para pembalap akan menjalani sesi latihan bebas. Kemudian satu hari setelahnya dilanjutkan dengan kualifikasi. Adapun perlombaan akan berlangsung pada Minggu (20/3).




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x