Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Dubes Rusia untuk Indonesia Sebut Perang di Ukraina akan Berakhir jika Dua Hal Ini Tercapai

Kompas.tv - 6 Maret 2022, 22:37 WIB
dubes-rusia-untuk-indonesia-sebut-perang-di-ukraina-akan-berakhir-jika-dua-hal-ini-tercapai
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva dalam wawancara secara virtual dengan KOMPAS TV, Sabtu (5/3/2022). (Sumber: Tangkapan layar video KOMPAS TV)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva mengatakan serangan militer negaranya ke Ukraina hanya akan berakhir jika target Moskow tercapai. Target tersebut adalah demiliterisasi dan ‘denazifikasi’ Ukraina.

Dalam wawancara virtual dengan jurnalis KOMPAS TV Frisca Clarissa, Sabtu (5/3/2022), Dubes Vorobieva mengatakan pihaknya berharap operasi militer ke Ukraina segera berakhir. 

“Tetapi ini akan mungkin diakhiri jika target kami tercapai, baik dengan cara diplomatik, berunding dengan pihak Ukraina, atau melalui operasi militer,” ungkapnya.

“Target kami sangat jelas, demiliterisasi dan ‘denazifikasi’ Ukraina sehingga Ukraina menjadi negara yang netral,” imbuhnya.

Dubes Rusia menuduh pemerintah Ukraina mendukung ideologi Nazi yang menurutnya tersebar luas di Ukraina.

Selain itu, dia menyebut akar masalah dari krisis ini adalah sabotase terhadap perjanjian Minsk yang dilakukan Kiev selama bertahun-tahun.

Rusia, kata Vorobieva, telah berusaha menempuh solusi damai dalam delapan tahun terakhir.

“Kami memprakarsai perjanjian Minsk yang memberikan cara yang jelas untuk menyelesaikan konflik di Ukraina,” ungkapnya.

Baca Juga: Perundingan Ketiga Rusia-Ukraina Digelar Besok Senin

Dilansir dari Al Jazeera, pada September 2014, Ukraina dan separatis yang didukung Rusia menyetujui sebuah kesepakatan gencatan senjata yang berisi 12 poin. Kesepakatan ini disebut perjanjian Minsk I. Sayangnya, perjanjian ini gagal setelah kedua belah pihak melakukan pelanggaran.




Sumber : Kompas TV/Al Jazeera


BERITA LAINNYA



Close Ads x