Kompas TV regional berita daerah

Ridwan Kamil Ungkap Jabar Kehilangan Pendapatan Rp5 Triliun selama Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 4 Maret 2022, 14:15 WIB
ridwan-kamil-ungkap-jabar-kehilangan-pendapatan-rp5-triliun-selama-pandemi-covid-19
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut pemerintah provinsi kehilangan pendapatan sebanyak Rp5 triliun selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia. (Sumber: ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkapkan pemerintah provinsi kehilangan pendapatan sebanyak Rp5 triliun selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Kang Emil, panggilan akrabnya, menyebut pendapatan tersebut seharusnya dapat dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur di Jabar.

Hal ini disampaikan Kang Emil saat ditanya awak media terkait kerusakan jalan di daerah Jabar.

"Pemerintah provinsi itu hilang Rp5 triliun, oleh Covid-19," kata Kang Emil seperti diwartakan Antara, Jumat (4/3/2022).

Akibatnya, lanjut Kang Emil, banyak pembangunan infrastruktur yang tertunda selama masa pandemi dan mengakibatkan kerusakan beberapa ruas jalan.

Dia menambahkan, apabila tidak ada pandemi Covid-19, seharusnya jalan-jalan yang berada di Jawa Barat, akan lebih mulus.

Baca Juga: Kata Pengamat Soal Gimik Politik Anies Baswedan dan Ridwan Kamil: Sulit Bersanding

"Pendapatan Rp5 triliun yang hilang itu, mayoritas untuk perbaikan jalan, dan apabila tidak ada Covid-19 seharusnya jalannya mulus-mulus semua," ujarnya. 

Namun, lanjut Kang Emil, adanya wabah ini mengakibatkan anggaran tersebut kemudian tersedot untuk penanganan Covid-19.

Dia juga mengatakan, pada masa pandemi ini, Pemprov Jabar lebih fokus untuk menangani urusan nyawa dan itu terjadi selama dua tahun ini.

Kang Emil kemudian berharap agar pada 2022 ini, semua pekerjaan infrastruktur bisa dilakukan kembali dan pandemi sesegera mungkin menjadi endemi.

"Saya mohon maaf, semoga di tahun 2022 ini seiring kehidupan kembali normal, maka insyaallah akan diperbaiki lagi," ungkapnya. 

Baca Juga: Ridwan Kamil Pantau Langsung Operasi Pasar Minyak Goreng Murah di Pangandaran




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x