Kompas TV nasional politik

Reaksi Mabes TNI Usai Ditegur Keras Jokowi Soal Disiplin hingga Perdebatan Tak Setuju IKN di Grup WA

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 07:32 WIB
reaksi-mabes-tni-usai-ditegur-keras-jokowi-soal-disiplin-hingga-perdebatan-tak-setuju-ikn-di-grup-wa
Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengikuti musyawarah nasional (Munas) II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo), Jumat (8/10/2021). (Sumber: KOMPAS TV/Dinas Penerangan TNI AL)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono merespons teguran Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait disiplin hingga perdebatan mengenai Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Diketahui, Jokowi menegur keras TNI-Polri terkait hal tersebut saat Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri Tahun 2022 pada Selasa, 1 Maret 2022.

Baca Juga: Lagi, Jokowi Ajak Ainun Najib dkk Pulang ke Indonesia: Semua Ada di Sini

Mewakili Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang berhalangan karena positif Covid-19, KSAL Yudo Margono mengatakan terkait kedisiplinan akan menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan TNI ke depan.

“Kami tentunya harus introspeksi ke dalam TNI-Polri beserta keluarga. (Kami) tetap harus tegak lurus mendukung program-program pemerintah,” kata KSAL Yudo Margono saat jumpa pers di Mabes TNI, Jakarta, Selasa (1/3).

Yudo menyadari arahan Presiden Jokowi terkait kedisiplinan TNI-Polri tersebut merupakan teguran yang harus ditindaklanjuti secara serius.

Baca Juga: Jokowi Blak-blakan Baca Percakapan WA Grup TNI-Polri yang Dinilai Langgar Disiplin

“Itu jadi teguran dan introspeksi bagi kami TNI Polri, khususnya TNI Angkatan Laut, Angkatan Darat, Angkatan Udara. Kami tekankan lagi supaya tidak terjadi seperti itu,” ucap Yudo, yang mewakili Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Sementara terkait kebijakan pemerintah soal pemindahan IKN, Yudo Margono dalam kesempatan yang sama menyampaikan secara tegas bahwa TNI-Polri mendukung rencana tersebut.

“IKN sudah final, dan tentunya kami TNI-Polri harus memberi pemahaman khususnya ke dalam diri sendiri maupun pada masyarakat tentang IKN ini,” ucap Yudo.

Baca Juga: Effendi Simbolon: Tanpa Perlu Jadi Anggota, Jokowi Tahu Percakapan WA Grup TNI-Polri

Seperti diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Presiden Jokowi mengingatkan prajurit TNI dan Polri harus disiplin mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh pimpinan dan pemerintah.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x