Kompas TV nasional peristiwa

Lagi, Jokowi Ajak Ainun Najib dkk Pulang ke Indonesia: Semua Ada di Sini

Kompas.tv - 1 Maret 2022, 17:05 WIB
lagi-jokowi-ajak-ainun-najib-dkk-pulang-ke-indonesia-semua-ada-di-sini
Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (1/3/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang bertalenta dan unggul di bidang teknologi digital, termasuk Ainun Najib, praktisi teknologi informasi asal Gresik, Jawa Timur untuk pulang ke Tanah Air.

Presiden Jokowi pun sampai-sampai menanyakan syarat apa saja yang harus dipenuhi agar Ainun Najib dan ahli teknologi lainnya bersedia pulang ke Indonesia.

Baca Juga: Jokowi: Soekarno dan Soeharto Gagal Pindahkan Ibu Kota Karena Ada Pergolakan

"Mas Ainun Najib ini saya sudah kenal lama. Saya mau tanya, gimana sih agar Chai, Veni, Rangga, termasuk Ainun juga mau pulang ke Indonesia?" tanya Jokowi melalui di acara peresmian Sea Labs Indonesia melalui sambungan konferensi video di Jakarta, Selasa (1/3/2022).

Diketahui, Ainun Najib merupakan salah satu warga negara Indonesia (WNI) yang punya keahlian di bidang digital.

Saat ini, ia bekerja sebagai Head of Analytic Platform and Regional Business Grab Singapura. 

Sebelum berada di posisinya saat ini, Ainun Najib juga pernah bergabung dengan IBM Singapura. Dia juga merupakan salah satu inisiator gerakan sukarela KawalPemilu yang memantau hasil Pemilu Serentak 2019 serta Kawal Covid-19.

Ainun juga turut memantau dan mengadvokasi terkait isu Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Ayah Ainun Najib Buka Suara Anaknya Diminta Pulang Jokowi untuk Mengabdi pada Negara: Kami Dukung

Selain Ainun, Presiden juga berdialog dengan Director of Engineering Asana Veni Johanna yang berada di Amerika Serikat, Chairuni Aulia Nusapati selaku Software Engineer Google di Inggris dan Rangga Garmastewira yang bekerja di Technology Lead SeoMoney Singapura.

"Kuncinya dua mawon, opportunity dan stability," kata Ainun menjawab pertanyaan presiden.

Ainun mengatakan, opportunity atau kesempatan dimiliki oleh Indonesia sebagai satu dari pemain besar. Bahkan yang terbesar di Asia Tenggara.

"Stability ini yang mungkin agak tricky, ada yang mungkin karena pertimbangan keluarga, pertimbangan karir,” ujar Ainun.

“Saya pribadi pertimbangan pendidikan anak-anak, saya tidak mau kalah dengan putra-putra panjenengan yang pendidikan di Singapura juga.”

Baca Juga: Ketika KSAL Yudo Margono Pimpin Rapim TNI-Polri Gantikan Panglima TNI Andika karena Positif Covid-19

Mendengar pernyataan Ainun Najib itu, Presiden Jokowi pun lantas tersenyum. Sementara Ainun Najib kemudian melanjutkan bicaranya.



Sumber : Antara/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x