Kompas TV nasional politik

Pengamat Politik Sayangkan Ketua PBNU Sebut Penundaan Pemilu 2024 Masuk Akal

Kompas.tv - 28 Februari 2022, 10:41 WIB
pengamat-politik-sayangkan-ketua-pbnu-sebut-penundaan-pemilu-2024-masuk-akal
Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf. Gus Yahya menanggapi usulan penundaan Pemilu sebagai hal yang masuk akal. (Sumber: NU Online)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat politik dari Universitas Paramadina, A. Khoirul Umam, menyayangkan sikap Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf yang menilai wacana penundaan Pemilu sebagai hal yang masuk akal.

"Sikap Ketum PBNU ini seolah menegasikan komitmennya untuk lebih fokus pada politik kebangsaan dan menghindari politik praktis, sebagaimana yang sering Gus Yahya sampaikan sebelum Muktambar PBNU ke-34 lalu," kata Umam kepada KOMPAS.TV, Senin (28/2/22). 

Menurut Umam, warga Nahdliyyin dan masyarakat Indonesia secara umum tentu menyadari bahwa aturan konstitusi harus dijalankan dengan basis kesadaran dan kedisiplinan yang tinggi. 

"Sebagai kekuatan Islamic-based civil society terbesar di Indonesia, PBNU harus mengawal itu semua, sebagaimana dilakukan PP Muhammadiyah yang secara tegas mendorong para elit politik untuk patuh pada konstitusi yang mengatur mekanisme berdemokrasi secara adil dan terbuka," kata dia. 

Baca Juga: Ketua PBNU Angkat Bicara Soal Penundaan Pemilu 2024: Saya Rasa Masuk Akal

Umam mengatakan, sebagai penjaga keseimbangan politik bangsa, PBNU seharusnya tidak kehilangan daya kritisnya.

Terlebih di tengah melemahnya basis kekuatan masyarakat sipil, Umam menyebut, banyak kalangan berharap pada netralitas dan independensi PBNU. 

"Jika sikap dan pandangan kepengurusan PBNU yang baru ternyata juga latah pada narasi yang bias kepentingan ekonomi-politik para elit kekuasaan, lalu kepada siapa lagi aspirasi rakyat bisa digantungkan?" ujar dia. 

Menurut dia, jika Pemilu 2024 ditunda, akan ada potensi lahirnya operasi politik yang lebih serius untuk mengubah aturan konstitusi terkait Pemilihan Presiden secara langsung, dan akan dikembalikan lagi kepada MPR.

"Karena itulah keinginan utama para elit partai politik yang tidak memiliki level elektabilitas yang kompetitif, namun mereka sadar bahwa mereka memegang kunci koalisi politik," kata dia.

Baca Juga: Respons Usulan Penundaan Pemilu, PDIP: Berpolitik Harus Setia pada Konstitusi

Sebelumnya, KH Yahya Cholil Staquf mengatakan, usulan ini masuk akal. Dia merasa perlu dilakukan adanya dialog secara bersama-sama untuk membahas mengenai usulan penundaan Pemilu 2024 tersebut. 

Terlebih, ada beragam persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

"Ada usulan penundaan pemilu dan saya rasa ini masuk akal, mengingat berbagai persoalan yang muncul dan dihadapi bangsa ini," kata Gus Yahya di Pondok Pesantren Darussalam Pinagar, Pasaman Barat, Sumatera Barat, dikutip dari Antara, Minggu (27/2/2022).

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x