Kompas TV religi beranda islami

Kisah 7 Langit dalam Perjalanan Isra Miraj Nabi Muhamad yang Penuh Hikmah

Kompas.tv - 26 Februari 2022, 10:45 WIB
kisah-7-langit-dalam-perjalanan-isra-miraj-nabi-muhamad-yang-penuh-hikmah
Ilustrasi langit malam. Dalam perjalanan Isra Miraj, Nabi Muhammad berjumpa dengan para Nabi di langit hingga langit ketujuh (Sumber: KOMPAS.COM/Shutterstock/Nazar Yosyfiv)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam perjalanan Isra Miraj Nabi Muhamad SAW, beliau diantar menuju langit oleh Malaikat Jibril atas seizin Allah SWT. Bagaimana kisahnya?

Dalam kitab Sirah Nabawiyah ar-Rahiq Al-Maktum karya Syeikh Syafiyurrahman Al-Mubarakfuri digambarkan dengan indah perjalanan Nabi Muhammad Isra Miraj menuju langit sampai menuju langit ketujuh tersebut.

Isra memiliki arti perjalanan di malam hari Nabi Muhammad dari Masjidil haram di Mekah menuju Baitul Maqdis di Yerussalem, Palestina.

Sedangkan Miraj adalah perjalanan diangkatnya Nabi Muhammad ke langit sampai Sidratul Muntaha untuk berjumpa dengan Allah SWT.

Di tiap langit di proses Miraj menuju langit, Nabi Muhammad berjumpa dengan para Nabi terdahulu. 

Baca Juga: Bikin Takjub dan Syukur, 4 Tempat Indah Ini Disinggahi Nabi Muhammad saat Isra Miraj

Langit Pertama dalam Isra Miraj

Malaikat Jibril meminta dibukakan pintu langit pertama, lantas ketika pintu terbuka Nabi Muhammad berjumpa dengan Nabi Adam, bapak umat manusia.

Nabi Adam pun Beliau mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad dan mengakui kenabian beliau.

Menurut Syeikh Syafiyurrahman Al-Mubarakfuri, pada langit pertama Allah SWT menunjukkan ruh-ruh yang berada di samping kiri-kanan Nabi Adam, ruh sebelah kanan adalah para syuhada dan kiri adalah mereka yang mengingkari kenabian.

Langit kedua

Lantas, beliau dimirajkan ke langit kedua dan berjumpa dengan Nabi Yahya bin Zakaria dan Isa bin Maryam, keduanya menyampaikan salam dan mengakui kenabian Nabi Muhammad SAW.

Langit ketiga

Malaikat Jibril pun membawa Nabi Muhammad lebih tinggi ke langit ketiga dan berjumpa Yusuf. Nabi Yusuf mengucapkan salam dan mengaku kenabian beliau.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x