Kompas TV regional berita daerah

2 PLTA Milik Pak JK Diresmikan Presiden Jokowi

Kompas.tv - 25 Februari 2022, 15:47 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Air Poso dan PLTA Malea Energy, pada Jumat, 25 Februari. Pembangkit listrik dengan total 605 MW itu adalah milik Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla.

Peresmian di pusatkan di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, bertempat di PLTA Poso Energy yang memiliki 515 MW. Sedangkan PLTA Malea Energy yang berkekuatan 90 MW berlokasi di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi dua PLTA milik JK tersebut. Ia menegaskan, dua PLTA tersebut merupakan bagian dari komitmen global, untuk menggeser penggunaan energi fosil ke energi baru terbarukan atau energi hijau.

Jokowi optimis, jika Indonesia mampu melakukan penggunaan energi fosil ke energi hijau. Pasalnya berdasarkan hitungan, Indonesia memiliki potensi energi hijau sekitar 418 Giga Watt.

Sementara itu, pendiri Kalla Group, JK yang mendampingi Jokowi dalam peresmian tersebut, membeberkan proses pembangunan PLTA milik Kalla Group tersebut. JK mengatakan, inisiasi dari pembangunan PLTA Poso usai perdamaian Poso diwujudkan. Dilandasi semangat untuk mensejahterakan masyarakat setempat. 

Untuk PLTA Poso energy, lanjut JK, menggunakan system Run of River. Pasalnya, kondisi air tidak seperti di Jawa yang kebanyakan menggunakan bendungan.

Sumber Video: Istimewa

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x