Kompas TV nasional politik

Kini Zulhas Ikutan Cak Imin: Ingin Pemilu 2024 Diundur

Kompas.tv - 25 Februari 2022, 12:12 WIB
kini-zulhas-ikutan-cak-imin-ingin-pemilu-2024-diundur
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Sumber: Dok Humas PAN/MPR RI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Satu per satu partai politik (Parpol) pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin mulai menyuarakan agar Pemilu 2024 untuk diundur. Setelah sebelumnya PKB, kini usulan itu digaungkan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. 

Pria yang karib disapa Zulhas itu menjelaskan, salah satu alasannya karena situasi pandemi yang masih berlangsung dan memerlukan perhatian khusus dan kondisi perekonomian yang belum stabil, sehingga pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat masih perlu melakukan pemulihan untuk kembali bangkit.

Baca Juga: Usul Pemilu Mundur, Pakar: Bikin Publik Tidak Simpati Kualitas Cak Imin dan PKB

"Mempertimbangkan hal-hal tersebut, serta setelah mendengar masukan dan aspirasi dari berbagai kalangan, PAN setuju bahwa penilu perlu dipertimbangkan untuk diundur," kata Zulhas kepada wartawan, Jumat (25/2/2022). 

Wakil Ketua MPR itu menambahkan, perkembangan situasi konflik global yang perlu diantisipasi, di antaranya perang Rusia-Ukraina dan tidak menentunya harga minyak dunia.

Kemudian, anggaran pemilu yang justru membengkak dari rencana efisiensi lebih baik dikonsentrasikan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat. 

"Selain itu, keberlangsungan program-program pembangunan nasional yang sebelumnya tertunda akibat pandemi," ujarnya.

Baca Juga: Wacana Cak Imin Tunda Pemilu Dinilai Akan Menjerumuskan Jokowi

Menurut dia, di tengah situasi-situasi tersebut, penilaian dan persepsi masyarakat tentang kinerja Presiden Jokowi justru sangat tinggi. 

"Berbagai survei menyebut angkanya di atas 73 persen. Hal ini menunjukkan pengakuan masyarakat untuk keberhasilan pemerintah dalam menghadapi pandemi dan berbagai situasi yang tidak menentu," kata dia.

Ia mengaku akan menjalin komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat agar gagasan tersebut dapat disetujui. 

"Dalam konteks ini, PAN akan menjalin komunikasi dengan berbagai kalangan, termasuk partai politik, organisasi kemasyarakatan, dan elemen bangsa lainnya," katanya.

Sebelumnya, Ketum PKB yang juga Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar, atau Cak Imin, mengusulkan agar Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 diundur satu sampai dua tahun. 

Baca Juga: PDIP Tolak Rencana Cak Imin Ingin Tunda Pemilu 2024, Begini Penjelasannya

Alasannya ialah agar momentum pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19 selama dua tahun tidak hilang akibat diadakannya Pemilu.

"Saya usulkan Pemilu 2024 ditunda satu atau dua tahun, agar momentum perbaikan ekonomi ini tidak hilang dan tidak terjadi freeze untuk mengganti stagnansi selama dua tahun," kata Cak Imin di DPR RI, Rabu (23/2/22).




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x