Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Pemkot Denpasar Gelar Pasar Murah Sekaligus Sosialisasi Pembayaran Lewat QRIS

Kompas.tv - 25 Februari 2022, 04:25 WIB
pemkot-denpasar-gelar-pasar-murah-sekaligus-sosialisasi-pembayaran-lewat-qris
Pemkot Denpasar dan BUPDA mengadakan pasar murah menjelang Hari Suci Nyepi. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

DENPASAR, KOMPAS.TV – Menjelang Hari Suci Nyepi Tahun Isaka 1944 pada 3 Maret 2022 mendatang, Pemerintah Kota Denpasar, Bali, menggandeng Baga Utsaha Padruwen Desa Adat (BUPDA) Desa Padangsambian menyelenggarakan pasar murah.

Wakil Wali Kota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, kegiatan pasar murah dilakukan di area Pasar Adat Desa Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat.  

Bersamaan dengan itu disosialisasikan pula penggunaan pembayaran QRIS pada pedagang dan masyarakat setempat.

Sosialisasi penggunaan QRIS merupakan kerja sama Pemkot Denpasar dengan Bank Indonesia (BI) untuk mempercepat digitalisasi sistem pembayaran, dalam mendukung akselerasi ekonomi keuangan digital nasional.

"Komitmen Pemkot Denpasar dalam menggenjot digitalisasi di segala sektor pelayanan publik telah dimulai dengan menerapkan transaksi QRIS di pasar tradisional Kota Denpasar. Selain itu, telah dirancang digitalisasi retribusi parkir dan terobosan pajak digital (PAGI) Kota Denpasar," ujar Arya Wibawa di Denpasar, Kamis (24/2/2022), dilansir dari Antara.

Baca Juga: BI Dorong Digitalisasi Pembayaran Melalui QRIS

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho menjelaskan, QRIS adalah salah satu kebijakan sistem pembayaran yang tengah di dorong implementasi dan perluasan penggunaannya.

Dalam hal ini, Bank Indonesia mendorong seluruh pasar rakyat terutama di Kota Denpasar untuk menerapkan penggunaan QRIS.

"Terutama, terkait situasi pandemi Covid-19, penerapan QRIS juga mendukung program kesehatan oleh pemerintah daerah karena meminimalkan kontak langsung yang rentan penyebaran virus," tuturnya.

Selain itu, menurut Trisno, penggunaan QRIS sebagai salah satu cara menghindari uang palsu yang sejalan dengan kampanye cinta, bangga dan paham rupiah oleh Bank Indonesia.

Adapun, pada kegiatan itu turut hadir Anggota Komisi XI DPR I Gusti Agung Rai Wirajaya dan para undangan lainnya.

Baca Juga: Ini Lokasi Operasi Pasar Murah Minyak Goreng Pemprov DKI Mulai 2 hingga 25 Februari 2022

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x