Kompas TV nasional politik

Survei Litbang Kompas: Erick, Mahfud, Puan Bisa Berebut 15,9 Persen Suara yang Belum Memilih Capres

Kompas.tv - 24 Februari 2022, 09:37 WIB
survei-litbang-kompas-erick-mahfud-puan-bisa-berebut-15-9-persen-suara-yang-belum-memilih-capres
Hasil Survei Litbang Kompas 17-30 Januari 2022 (Sumber: tangkapan layar kompas.id)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Hasil Survei Kepemimpinan Nasional Kompas periode Januari 2022 menunjukkan 13 tokoh Nasional memiliki elektabilitas untuk terpilih sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Dalam deretan nama-nama tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia Puan Maharani menempati posisi papan terbawah.

Erick dan Mahfud mendapatkan persentase yang sama di angka 1,1 persen, sementara Puan Maharani mendapatkan 0,6 persen.

Posisi Puan yang bahkan tidak mencapai 1 persen kalah besar perolehannya jika dibandingkan dengan kolega satu partainya, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas Catat 38,8 Persen Suara Tidak Pilih Prabowo, Ganjar, Anies: Peluang Tokoh Lain

Ganjar, berada di peringkat dua dengan perolehan dukungan sebagai capres 20,5 persen atau persis di bawah Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang mendapat 26,5 persen.

Sementara Risma berada di posisi papan tengah dengan perolehan 2,6 persen atau berada di antara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Mengutip Kompas.id, survei yang diselenggarakan Litbang KOMPAS dilakukan pada 17-30 Januari, melalui wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia.

Untuk survei kali ini, margin of error penelitiannya adalah +/- 2,8 persen sehingga dapat dikatakan ada perbedaan potensi keterpilihan yang cukup signifikan di antara ketiga tokoh tersebut.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Andika Perkasa untuk Capres 2024 Lampaui Puan Maharani



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x