Kompas TV video vod

Ketua DPP PDI-P soal Elektabilitas Nama-nama Capres 2024: Survei Jadi Parameter Aspirasi Publik

Kompas.tv - 23 Februari 2022, 23:22 WIB
Penulis : Edwin Zhan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Litbang Kompas merilis survei elektabilitas sejumlah tokoh nasional yang diprediksi masuk dalam bursa calon Presiden (Capres) 2024.

Elektabilitas Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan menjadi yang teratas dalam survei yang dilakukan 17 hingga 30 Januari 2022.

Ya, dua tahun lagi masyarakat Indonesia akan kembali memilih calon pemimpin negeri di pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sejumlah nama mulai bermunculan, meski saat ini belum ada partai politik secara terang-terangan mendeklarasikan siapa Capres yang akan diusungnya di Pilpres 2024 mendatang.

Litbang Kompas merilis Survei Kepemimpinan Nasional soal sosok capres pilihan publik jika pemilu diselenggarakan saat survei dilakukan.

Hasilnya, tiga nama yang masih mendominasi pilihan publik adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Sementara itu, tokoh lain dengan urutan elektabilitas dibawahnya adalah Sandiaga Uno 4,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,7 persen, Basuki Tjahaja Purnama 2,9 persen, Ridwan Kamil, dan Tri Rismaharini sebesar 2,6 persen.

Adapun tokoh lainnya dengan elektabilitas satu persen, di antaranya Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Gatot Nurmantyo; lalu dua menteri kabinet Jokowi, Erick Thohir dan Mahfud MD.

Sementara itu, elektabilitas Puan Maharani berada di angka 0,6 persen versi Survei Litbang Kompas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x