Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Apresiasi MA Bangun Pengadilan Modern, Keamanan Investasi Pun Disinggung

Kompas.tv - 22 Februari 2022, 11:08 WIB
jokowi-apresiasi-ma-bangun-pengadilan-modern-keamanan-investasi-pun-disinggung
Presiden Joko Widodo  (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengapresiasi Mahkamah Agung (MA) yang telah bekerja keras mengakselerasi pembangunan pengadilan modern dengan melakukan transformasi dari sistem peradilan konvensional ke sistem peradilan yang lebih modern untuk mempercepat informasi hukum di Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi dalam Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung, Selasa (22/2/2022).

“Transformasi ini menjadi tahapan penting dalam memberikan pelayanan peradilan yang lebih baik bagi masyarakat pencari keadilan,” kata Jokowi.

“Layanan peradilan yang lebih cepat dan lebih mudah, yang sederhana, berbiaya ringan dan profesional serta memastikan terciptanya penegakan hukum yang berkeadilan,” tambahnya.

Baca Juga: Hotman Paris Terima Kasih ke Jokowi hingga Usul Menaker Ida Fauziah Mengundurkan Diri

Menurut Jokowi, semangat transformasi di tubuh Mahkamah Agung selaras dengan semangat transformasi Indonesia yang dilakukan pemerintah.

“Pemerintah sedang mengawal beberapa transformasi penting, meningkatkan pemerataan agar pembangunan lebih Indonesia sentris, memperluas hilirisasi, agar nilai tambah sumber daya alam Indonesia lebih banyak dinikmati oleh rakyat kita,” ucapnya.

“Mendukung UMKM naik kelas antara lain melalui digitalisasi, memperkuat ekonomi hijau yang lebih menyehatkan dan mensejahterakan rakyat, mempercepat transisi menuju energi baru terbarukan dan memperkuat ekonomi biru agar kekayaan maritim kita bisa lestari dan mensejahterakan rakyat,” tambahnya.

Selain itu, Jokowi menambahkan transformasi juga dilakukan di bidang hukum melalui reformasi struktural deregulasi dan debirokratisasi dalam rangka meningkatkan kepastian hukum dan kemudahan berusaha.

Baca Juga: Anggota Komisi II Ingatkan Jokowi: Kepala Otorita IKN Jangan Rangkap Jabatan

“Menarik sebanyak mungkin dan menjamin keamanan investasi, memperluas lapangan kerja dan meningkatkan daya saing bangsa serta memberantas tindak pidana korupsi,” ujar Jokowi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x