Kompas TV internasional kompas dunia

Inggris Akan Mulai Hidup Bersama Covid-19, Sejumlah Larangan Bakal Dicabut

Kompas.tv - 21 Februari 2022, 07:51 WIB
inggris-akan-mulai-hidup-bersama-covid-19-sejumlah-larangan-bakal-dicabut
Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson akan mengumumkan Inggris bakal hidup berdampingan dengan Covid-19 dan bakal mencabut sejumlah larangan. (Sumber: AP Photo/Matt Dunham, Pool)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

LONDON, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan mengumumkan negaranya bakal hidup bersama Covid-19, Senin (21/2/2022).

Ia juga diyakini bakal mencabut sejumlah larangan yang sebelumnya diterapkan untuk menghadapi Covid-19.

Diungkapkan Kantor Perdana Menteri, Johnson akan bertemu kabinetnya pada Senin pagi untuk menyepakati rencana hidup bersama virus Corona setelah pembatasan selama tiga tahun.

Ia kemudian direncanakan untuk menginformasikan kepada parlemen tentang rencana itu siangnya, sebelum mengumumkan ke publik di malam hari.

Baca Juga: Gelombang Omicron Bikin Rumah Sakit Hong Kong Penuh, Puluhan Pasien Ditempatkan di Area Parkir

Dikutip Sky News, hal itu juga termasuki penderita kasus positif dan orang yang melakukan kontak dengan mereka tak perlu lagi mengisolasi diri di akhir pekan.

“Hari ini akan menandai masa-masa penuh kebanggan setelah salah satu periode paling sulit dari sejarah negara kita karena kita mulaihm hidup berdampingan dengan Covid,” tutur Johnson.

“Ini tak akan mungkin terjadi tanpa usaha dari banyak pihak, NHS, yang mengirimkan vaksin penyelamat jiwa dengan kecepatan yang fenomenal, ilmuwan dan ahli, serta masyarakat atas komitmen untuk melindungi diri dan orang yang mereka sayang,” katanya.

Ia pun menambahkan bahwa vaksin Covid-19 memiliki peranan besar dalam membawa manusia selangkah menuju normalitas dan kembali memberikan kebebasan untuk melindungi semua pihak.

Kantor Perdana Menteri menegaskan, Johnson berkomitmen untuk merencanakan bagaimana Inggris akan hidup bersama Covid-19.

Baca Juga: Ratu Inggris Elizabeth II Dipastikan Tertular Covid-19

Apalagi menurutnya, Inggris berada di posisi yang kuat untuk mulai berpikir mengangkat semua larangan karena suksesnya program vaksin Covid-19.

Pemerintah Inggris sendiri sedang merencanakan pendekatan berbasis vaksin, dan mengatakan hidup bersama Covid-19 akan bergantung dengan kekebalan populasi berkelanjutan yang disediakan vaksin.

Meski begitu, Johnson menegaskan wabah Covid-19 masih belum berakhir.

Selain itu, penasihat ilmiah di komite SAGE telah menekankan ada ketidakpastian yang cukup besar tentang jalur pandemi yang akan diambil Inggris.



Sumber : Sky News


BERITA LAINNYA



Close Ads x