Kompas TV internasional kompas dunia

Ratu Inggris Elizabeth II Dipastikan Tertular Covid-19

Kompas.tv - 20 Februari 2022, 20:21 WIB
ratu-inggris-elizabeth-ii-dipastikan-tertular-covid-19
Ratu Inggris Elizabeth II dipastikan positif tertular Covid-19, dan saat ini dirawat di Istana serta mengalami gejala ringan, seperti dilaporkan Associated Press, Minggu, 20 Februari 2022. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV - Istana kerajaan Inggris mengumumkan Ratu Inggris Elizabeth II, 95 tahun, dipastikan positif terinfeksi Covid-19 dan mengalami gejala ringan, namun diperkirakan akan melanjutkan tugas ringan minggu ini di Istana Windsor.

"Ratu hari ini dinyatakan positif Covid-19," kata Istana Windsor, seperti dilaporkan Associated Press, Minggu (20/2/2022).

"Yang Mulia mengalami gejala seperti flu ringan tetapi diperkirakan akan melanjutkan tugas ringan di Windsor selama minggu mendatang."

"Dia akan terus menerima perawatan medis dan akan mengikuti semua pedoman yang berlaku," kata Istana.

Charles, 73, pewaris takhta, awal bulan ini menarik diri dari sebuah acara setelah terinfeksi Covid-19 untuk kedua kalinya. Sebuah sumber istana mengatakan Pangeran Charles bertemu ratu hanya beberapa hari sebelumnya.

Baik putra sulungnya Pangeran Charles dan menantu perempuan Camilla, Duchess of Cornwall, juga baru-baru ini tertular Covid-19. Charles sejak itu sudah kembali berkegiatan.

Kesehatan Elizabeth II, pemimpin monarki berusia paling tua dan bertahta paling lama di dunia, menjadi sorotan sejak dia menghabiskan malam di rumah sakit pada Oktober lalu, karena penyakit yang tidak diumumkan dan kemudian disarankan oleh dokternya untuk beristirahat.

Orang-orang yang dites positif Covid-19 diharuskan untuk mengasingkan diri setidaknya selama lima hari, meskipun pemerintah Inggris mengatakan pihaknya berencana untuk mencabut persyaratan tersebut minggu mendatang.

Baca Juga: Pangeran Charles Positif Covid-19, Sempat Bertemu Ratu Inggris Dua Hari Sebelumnya

Pangeran Charles berpidato dalam acara British Asian Trust di The British Museum, London, Rabu (9/2/2022). Satu hari setelah acara ini dia dinyatakan positif Covid-19. (Sumber: Associated Press)

Baca Juga: Dengarkan Saran Dokter, Ratu Elizabeth Ambil Waktu Istirahat

Ratu Inggris sendiri telah menerima tiga dosis vaksin Covid-19.

Elizabeth II baru-baru ini kembali menjalani tugas publik setelah beberapa bulan tidak tampil karena tim dokter kerajaan memerintahkan dirinya untuk beristirahat.

Akibat perintah tim dokter tersebut, Elizabeth II terpaksa membatalkan kehadirannya di beberapa acara penting, termasuk di konferensi iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia.

Dalam seminggu terakhir, Elizabeth II mengadakan audiensi secara virtual dan secara langsung.

Ratu juga dijadwalkan menghadiri serangkaian pertemuan publik secara langsung dalam beberapa minggu mendatang, termasuk audiensi dengan politisi dan diplomat, resepsi diplomatik di Windsor pada 2 Maret dan Layanan Persemakmuran di Westminster Abbey pada 14 Maret.

Ratu Elizabeth II baru saja merayakan 70 tahun dirinya bertahta atas kerajaan Inggris Raya pada 6 Februari lalu, dengan perayaan publik Platinum Jubilee, dijadwalkan pada bulan Juni menggelar parade militer, pacuan kuda, dan perayaan rakyat selama akhir pekan panjang 2-5 Juni.

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x