Kompas TV regional hukum

Waduh, Pria di Kaltim Bobol 6 ATM dan Gasak Rp2,4 Miliar, Polisi: Berlibur di Bali, Sewa Helikopter

Kompas.tv - 18 Februari 2022, 15:48 WIB
waduh-pria-di-kaltim-bobol-6-atm-dan-gasak-rp2-4-miliar-polisi-berlibur-di-bali-sewa-helikopter
Ilustrasi pembobolan ATM (Sumber: Kompasiana)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Gading Persada

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV - Seorang pria berinisial AT (29) membobol enam mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di tiga daerah di Kalimantan Timur (Kaltim).

Dari aksi kejahatannya, ia berhasil menggasak uang sebesar Rp2,4 miliar.

Dilansir dari Kompas.id, aksi pembobolan ATM ini terungkap setelah Polda Kaltim menerima laporan dari pihak perbankan.

"Pihak perbankan menemukan keganjilan di neraca keuangan karena mendapati jumlah uang yang terbaca oleh sistem mesin ATM tidak sesuai dengan jumlah uang yang ada di dalam kotak penyimpanan uang," kata Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo, Jumat (18/2/2022).

Setelah menerima laporan tersebut, polisi kemudian melakukan penyelidikan dan mengintai pelaku melalui CCTV di sejumlah mesin ATM.

"Kami pelajari modusnya, pelaku kemudian kami tangkap pada 5 Januari 2022 di Samarinda saat sedang menjalankan aksinya," ujar Yusuf.

Baca juga: Jadi Korban Pembobolan Rekening Bank, Laki-Laki Ini Kehilangan Uang Rp5,8 Miliar

Yusuf mengatakan, AT menjalankan aksinya di enam mesin ATM di Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, dan Kutai Barat, sejak September 2021 hingga Januari 2022.

Menurutnya, AT mengakali sistem ATM tanpa membongkar mesinnya. Hal itu ia pelajari ketika menjadi teknisi di sebuah perusahaan jasa perawatan dan perbaikan mesin ATM.

Setelah keluar dari perusahaan tersebut, AT kemudian menjadi pekerja lepas yang menerima jasa perbaikan atau perawatan mesin ATM.



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x