Kompas TV nasional politik

JPPR Minta DPR Pilih Calon Penyelenggara Pemilu Perhatikan Keterwakilan Daerah

Kompas.tv - 16 Februari 2022, 20:10 WIB
jppr-minta-dpr-pilih-calon-penyelenggara-pemilu-perhatikan-keterwakilan-daerah
Ilustrasi seleksi penyelenggara pemilu. (Sumber: niasutara.kab.go.id)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi II harus memilih calon penyelenggara pemilu dengan memperhatikan wilayah seperti Kalimantan Timur yang notabene calon ibukota baru dan Maluku.

Harapan tersebut disampaikan Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat  (JPPR), Nurlia Dian Paramita terkait uji kelayakan terselenggaranya uji kelayakan dan kepatutan calon penyelenggara pemilu di Komisi II DPR RI.

Wanita yang akrab disapa Mita ini menilai keterwakilan calon penyelenggara dari tiap daerah di Indonesia justru membantu luasnya pemahaman kepemiluan di Indonesia yang multikultural dan variatif geografisnya.

Dia mencontohkan keterwakilannya kandidat dari Kalimantan Timur dan kepulauan Maluku.

"Komisi II harus memilih calon penyelenggara pemilu dengan memperhatikan wilayah seperti kalimantan timur yang notabene calon ibukota baru dan Maluku yang selama ini cukup rawan konflik ketika pemilihan berlangsung," ujar Mita melalui keterangan tertulis, Rabu (16/2/2022).

Baca Juga: Daftar Nama Calon Anggota KPU dan Bawaslu yang Jalani Fit and Proper Test di DPR Hari Ini

Dalam proses fit and proper test tersebut, JPPR meyakini para wakil rakyat di Komisi II dapat membantu menemukan kandidat penyelenggara KPU dan Bawaslu terbaik bagi Indonesia ke depannya.

Mita juga menyampaikan apresiasinya terkait kinerja DPR RI yang membuka proses seleksi secara transparan kepada publik.

Dia menambahkan, meskipun mundur dari jadwal yang direncanakan, JPPR menilai proses uji kelayakan dan kepatutan sudah berlangsung baik, sesuai dengan harapan masyarakat sipil, yakni menerima masukan publik dan dilakukan secara terbuka.

Meski demikian, dia mengimbau agar para kandidat yang terpilih oleh Senayan benar-benar mewakili Nusantara.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x