Kompas TV video vod

Sejumlah Buruh dari Serikat Buruh Berangkat ke Jakarta, Gelar Unjuk Rasa Protes JHT!

Kompas.tv - 16 Februari 2022, 11:33 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Sejumlah buruh dari beberapa serikat pekerja di Karawang, Jawa Barat, Rabu (16/2/2022) pagi, berangkat ke Jakarta untuk bergabung dengan buruh lainya dan berunjuk rasa di Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Salah satu Serikat Buruh Karawang, Jawa Barat yang akan bergabung melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor Kementrian Tenaga Kerja adalah Serikat Buruh KSPSI yang berangkat dari pabrik atau perusahaan masing-masing menggunakan sejumlah bus.

Buruh menuntut pencabutan Peraturan Mentri Tenaga Kerja Nomor 2 tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Jaminan Hari Tua atau JHT.

Buruh mengancam jika tuntutan mereka tidak dikabulkan, mereka akan melakukan mogok nasional dan akan mencabut seluruh dana iuran JHT yang disetorkan buruh ke BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Ketika Poster Erick Thohir-Khofifah Bertebaran di Jember Jelang Pilpres 2024

Sementara itu, sejumlah buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/2/2022) pagi, juga berangkat ke Jakarta dengan menggunakan commuter line dari Stasiun Bogor.

Mereka akan bergabung  untuk berunjuk rasa di Kantor Kementerian Tenaga Kerja.

Para perwakilan buruh sengaja menggunakan moda jasa transportasi commuter line dari Stasiun Bogor untuk menghindari adanya penyekatan di Jakarta.

Selain menolak keras adanya aturan baru tentang JHT tersebut, pencairan JHT ini dianggap menghambat hak mereka dalam mendapatkan uangnya selama bekerja.

Baca Juga: Buruh Kukuh Menolak Sistem Terbaru JHT



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x