Kompas TV nasional sosok

Kisah Kedekatan Dorce Gamalama dan Gus Dur, Sampai Diminta Jadi Menteri Pegadaian

Kompas.tv - 16 Februari 2022, 10:16 WIB
kisah-kedekatan-dorce-gamalama-dan-gus-dur-sampai-diminta-jadi-menteri-pegadaian
Penyanyi dan aktris Indonesia, Dorce Gamalama, dikenal dengan sosok Gus Dur, begini kisahnya (Sumber: Instagram/dorcegamalama)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mengenang Dorce Gamalama tidak lepas dari sosok Presiden Keempat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Sosok ulama dan seorang sahabat bagi Dorce.

Dalam banyak kesempatan, Dorce sering mengatakan, ketika semua orang menolak atau bahkan menghujat dirinya dan pilihan hidup ia pilih, maka sosok Gus Dur adalah sosok terdepan yang membela hak-hak dirinya.

Hal inilah yang membuat Dorce Galama begitu berduka ketika Gus Dur wafat pada akhir Desember 2009 lalu.

Padahal, seminggu sebelumnya, yakni pada hari Sabtu (26/12/2009) Dorce bahkan sempat menjenguk Gus Dur yang tengah dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo.

"Saya enggak sempat ketemu karena beliau lagi tidur. Saya hanya bertemu Ibu Shinta Nuriyah," katanya seperti diberitakan Kompas.com pada Desember 2009.

Baca Juga: Kabar Duka, Dorce Gamalama Meninggal Dunia di Usia 58 Tahun

Dorce Gamalama dan Kedekatan dengan Gus Dur

Di mata Dorce Gamalama, Gus Dur adalah sosok yang luar biasa. Bagi Dorce, Gus Dur adalah seorang yang menurutnya segalanya.

Gus Dur adalah sosok yang menurut Dorce Gamalama bisa jadi penasihat, guru dan ulama bagi dirinya, apalagi di tengah banyak hujatan.

"Saya betul-betul kehilangan sosok beliau, dia segalanya buat saya, guru, ulama, penasihat saya," ujar Dorce.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x