Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi Jelang Valentine, Produk Warna Merah Bertebaran di Pusat Belanja Tanpa Kata Valentine

Kompas.tv - 13 Februari 2022, 19:57 WIB
arab-saudi-jelang-valentine-produk-warna-merah-bertebaran-di-pusat-belanja-tanpa-kata-valentine
Pengunjung toko di mal Riyadh, Arab Saudi, sedang berjalan di latar etalase yang menjual pakaian dalam (lingerie) perempuan serba berwarna merah menjelang hari Valentine, 12 Februari 2022, walau tidak ada kata Valentine satupun yang tertulis. (Sumber: Radio France Internationale)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Deni Muliya

RIYADH, KOMPAS.TV - Jelang hari valentine, sejumlah toko di Kota Riyadh, Arab Saudi memajangkan produk busana dan pakaian dalam (lingerie) warna merah di etalasenya.

Seperti dilaporkan Straits Time, Minggu (13/2/2022), meskipun hari valentine identik dengan nuansa warna merah, tetapi di toko-toko itu tidak menandainya sebagai promo atau jualan dalam rangka perayaan hari valentine yang setiap tahun jatuh pada 14 Februari.

"Manajemen meminta kami untuk mendekorasi etalase dengan pakaian dalam (lingerie) berwarna merah, tetapi tanpa menyebutkan di mana pun hari valentine," kata seorang pramuniaga di Mall Riyadh, yang tak mau disebutkan namanya.

Baca Juga: Arab Saudi Tutup Ribuan Sumur, Imbas Kematian Rayan Bocah yang Terjebak di Sumur Sedalam 32 Meter

Tidak terlihatnya kata-kata hari valentine ini tak menyurutkan antusiasme konsumen di sana membeli berbagai produk dan hadiah yang terkait dengan nuansa hari untuk kekasih.

Padahal perayaan yang identik untuk kekasih ini, yang dirayakan secara luas di seluruh dunia, dilarang di Arab Saudi.

Sebagaimana diketahui, hari valentine memiliki asal-usul yang tidak jelas sejak zaman Romawi, ketika beberapa martir Kristen mendapat nama Valentine.

Pajangan tersebut menjadi fenomena yang mewakili adanya perubahan di Arab Saudi, di mana polisi agama pernah menindak penjualan perlengkapan hari valentine.

Bahkan, termasuk kepada orang-orang yang mengenakan pakaian merah selama festival 14 Februari.



Sumber : Kompas TV/Straits Times/Radio France Internationale


BERITA LAINNYA



Close Ads x