Kompas TV olahraga kompas sport

Soal Trek Sirkuit Mandalika yang Kotor, Loris Capirossi: Hal Normal untuk Lintasan Baru

Kompas.tv - 11 Februari 2022, 17:40 WIB
soal-trek-sirkuit-mandalika-yang-kotor-loris-capirossi-hal-normal-untuk-lintasan-baru
Sirkuit Mandalika dilihat dari perbukitan di kawasan Pantai Seger, Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Selasa (16/11/2021). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

LOMBOK, KOMPAS.TV - Mantan pembalap MotoGP yang kini menjabat sebagai Race Direction Representative Dorna Sport, Loris Capirossi, memaklumi apabila ada kendala seperti trek kotor di Sirkuit Mandalika. 

Seperti diketahui, tes pramusim MotoGP Mandalika yang mulai bergulir hari ini, Jumat (11/2/2022) sempat dihentikan sementara karena lintasan yang kotor. 

Tes dimulai pada pukul 09.00 WITA dan sempat dihentikan pada pukul 10.30 WITA. Usai lintasan dibersihkan, para pembalap dapat kembali melakoni tes pada pukul 12.00 WITA. 

Rencananya, Sirkuit Mandalika akan menggelar tes pramusim terakhir MotoGP 2022 hingga Minggu, 13 Februari 2022.

Baca Juga: Kata MGPA soal Tes MotoGP yang Sempat Dihentikan karena Lintasan Sirkuit Mandalika Kotor

"Soal treknya, normal pertama kalinya sedikit kotor karena tidak ada yang membalap sebelum kami," kata Capirossi, dikutip dari Antara, Jumat (11/2).

"Saat ini tidak terlalu masalah karena ini baru tes, kami punya waktu untuk membersihkannya dan mengatur segalanya. Tapi kami harap mulai besok dan Minggu, kondisi treknya bagus untuk pengujian dan semuanya."

"Tapi bagaimanapun juga untuk trek baru, hal seperti itu normal."

Soal homologasi trek sendiri, Capirossi juga menjelaskan bahwa Sirkuit Mandalika sudah memenuhi standar yang ditentukan oleh FIM dan tidak ada masalah sama sekali. 

"Treknya sudah dihomologasi, tidak masalah lagi karena semua tingkat keamanan sangat tinggi, sangat bagus, kami sangat senang dengan konstruksinya, tentang keamanan, tentang semuanya. Untuk homologasi tidak ada masalah," kata sambungnya.

Baca Juga: Tes Pramusim MotoGP Mandalika: Rider Tak Puas dengan Lintasan, Emergency Meeting Jadi Digelar

Capirossi juga merupakan salah satu perwakilan Dorna Sport, pemegang hak komersial MotoGP, yang ikut mengawasi dan terlibat dalam pembangunan Sirkuit Mandalika.

Mantan pembalap Honda, Ducati, dan Suzuki tersebut mengaku senang dengan hasil akhir Sirkuit Mandalika. 

Dirinya juga mengungkapkan betapa pentingnya menggelar MotoGP di Indonesia, lantaran banyaknya fan ajang balap motor paling populer di dunia ini. 

"Saya sangat terkesan dengan pekerjaan yang telah diselesaikan, layout treknya semua orang suka, para pembalap menikmatinya," imbuh Capirossi.

"Semua pekerjaan yang dilakukan sepanjang tahun sangat baik, kami sangat senang kembali ke Indonesia."

"Ini sangat penting bagi kami, bagi market, dan kami tahu Indonesia memiliki banyak fan, dan senang rasanya bisa ke sini lagi," tandasnya. 

Baca Juga: Mampir ke Sirkuit Mandalika, Sandiaga Uno Kunjungi Garasi Tim Gresini Racing

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x