Kompas TV tekno aplikasi

Pertama Kali dalam 8 Tahun, Ikon Google Chrome Diperbarui, Apa Bedanya?

Kompas.tv - 7 Februari 2022, 16:30 WIB
pertama-kali-dalam-8-tahun-ikon-google-chrome-diperbarui-apa-bedanya
Perkembangan logo atau ikon Google Chrome. (Sumber: Twitter/@elvin_not_11)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Desainer interaksi Google, Elvin Hu, mengumumkan bahwa ikon Google Chrome mengalami perubahan untuk pertama kalinya dalam delapan tahun terakhir.

Pengumuman tersebut disampaikan lewat akun Twitter @elvin_not_11 yang membedah desain ikon Google Chrome yang baru.

“Beberapa dari Anda mungkin telah memperhatikan ikon baru di pembaruan Canary Chrome hari ini. Ya! Kami menyegarkan ikon merek Chrome,” cuit Elvin Hu, dikutip Kompas TV, Senin (7/2/2022).

Baca Juga: Waduh, WhatsApp Mulai Batasi Fitur Backup, Sebut akan Terapkan Layanan Berbayar

Elvin bilang bahwa pengguna Chrome akan segera mendapati pembaruan ikon tersebut di perangkat masing-masing.

Dalam foto yang dibagikan, Elvin memajang proses perubahan ikon Chrome dari tahun 2008 hingga 2022. Tampak perbedaan yang cukup kentara dari ikon Google Chrome yang pertama dengan yang terbaru.

Perbedaan ikon Google Chrome yang baru dan versi sebelumnya

Elvin menjelaskan bahwa Google hanya menyederhanakan ikon tersebut agar terlihat lebih modern dan futuristik. Secara warna, ikon Google Chrome baru masih masa dengan ikon sebelumnya, yakni biru, kuning, hijau, dan merah.

Namun, kesan bayangan yang membatasi setiap warna dihilangkan sehingga tampak seperti karya 2D. Selain itu, kontras warna juga ditingkatkan sehingga terlihat lebih cerah dan segar.

Baca Juga: Aplikasi PeduliLindungi Tambah Fitur Offline Check-in, Bisa Scan QR Code Meski Susah Sinyal

Ada yang unik dari detail ikon Google Chrome yang sulit disadari. Desainer ternyata membuat setiap warna memiliki gradasi yang halus agar berbedaan keempat warna tidak terkesan njomplang.

“Kami memperkenalkan gradien yang sangat halus ke ikon utama untuk menguranginya (getaran warna), membuat ikon lebih mudah dilihat,” jelas Elvin.

Pekerjaan desainer tak berhenti sampai situ. Mereka membuat penyesuaian ikon Google Chrome berdasarkan sistem operasi atau operating system (OS) agar pengguna dapat dengan mudah mengenali.

“Misalnya, pada Windows, ikon terlihat lebih jelas bergradasi, muncul di Windows 10 dan 11,” tulisnya.

Kemudian, untuk Chrome OS, desainer menggunakan warna yang lebih cerah dan tanpa gradasi agar lebih sesuai dengan tampilan ikon sistem. Adapun untuk macOS, ikon Google Chrome dibuat lebih 3D.

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini, Tradisi Imlek dan Tahun Macan Air

Elvin berharap, pembaruan ikon Google Chrome ini dapat membuat pengalaman browsing pengguna menjadi lebih baik dan dapat dinikmati.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x